Ekosistem Buatan : Pengertian,Contoh serta Fungsinya Masing-Masing

Ekosistem Buatan : Pengertian,Contoh serta Fungsinya Masing-Masing
Pada postingan sebelumnya Ato Basahona Share telah membahas tentang pengertian ekosistemdan keanekaragaman ekosistem beserta contohnya yang telah sedikit berkaitan dengan ekosistem buatan maka pada kesempatan ini Ato Basahona Share akan membahas tentang Pengertian ekosistem buatan, contoh serta fungsinya masing-masing secara lebih detail kerana pada dasarnya ciri-ciri ekosistem terbagi atas 2 bagian yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan dan terdapat bermacam-macam ekosistem buatan.
Pengertian Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan adalah ekosistem yang terjadi karena campur tangan manusia. Artinya manusialah yang membuat ekosistem tersebut sehingga menjadi seperti ekosistem alami karena meskipun ekosistem buatan namun keadaan lingkungannya juga harus mendukung kelangsungan hidup makluk hidup yang berada ekosistem buatan tersebut.
Macam-Macam Ekosistem Buatan
1.    Aquarium
Siapa yang tidak tahu aquarium, pasti semua mengetahui dan pernah melihatnya dari aquarimu yang berbentuk kecil hingga besar. Aquarium merupakan contoh ekosistem buatan yang sering lihat di rumah-rumah.
Fungsi :
Aquarium merupakan ekosistem buatan manusia yang berfungsi sebagai nilai estetika (keindahan) suatu ruangan.
2.    Kolam Ikan
Kolam ikan juga termasuk dalam ekosistem buatan. Fungsinya juga hampir dengan sama dengan aquarium yaitu sebagai nilai keindahan. Namun, pada kolam ikan juga ada sebagian orang yang mengkonsumsi ikan tersebut, hal itulah yang membedakan dengan aqurium.
3.    Sawah
Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi air sebagai areal untuk menanam padi. Oleh karena itu sawah juga termasuk dalam ekosistem buatan. Pada ekosistem sawah terdapat berbagai makhluk hidup seperti tanaman padi, tikus, burung, ular, katak dan lain-lain.
Baca juga : Nama Ilmiah Padi
Sawah merupakan ekosistem buatan yang dibuat oleh manusia sebagai bentuk sumber makanan dan mata pencaharian. Sawah mengahsilkan beras yang dapat dimakan dan dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder.
4.    Hutan Tanaman
Hutan tanaman adalah hutan yang ada karena manusia melakukan penanaman pohon dan tanaman lainnya. Hutan tanaman dapat berada di sekitar hutan alam atau sekitar pemukiman warga.
Hutan berfungsi sebagai tempat berteduh, membuat udara sekitarnya menjadi sejuk sebab salah satu fungsi hutan yaitu sebagai penghasil oksigen (02), tempat hidup mahkluk hidup lainnya seperti burung dan serangga dan hutan alam dimanfaatkan kayu sebagai bahan perkakas atau dapat juga dijual.
Dari 4 contoh ekosistem buatan dan fungsi ekosistem buatan diatas dapat disimpulkan bahwa ekosistem buatan merupakan segala bentuk ekosistem yang terjadi karena dibuat oleh manusia. Kenapa dibuat karena jika menciptakan hanya milik sang Pencipta yaitu Tuhan Yang Maha Esa hehe.


EmoticonEmoticon