Telaah Esensi Kata "Yakusa" Himpunan Mahasiswa Islam

Telaah Esensi Kata "Yakusa" Himpunan Mahasiswa Islam

Yakinkan dengan iman
Usahakan dengan ilmu
Sampaikan dengan amal

Sebagai kader Himpunan Mahasiswa Islam tentulah tak asing lagi dengan kata Yakusa dan menjadi satu seruan yang selalu diucap ketika dalam lingkungan kegiatan organisasi.

Yakin Usaha Sampai adalah sebuah bahasa yang bermakna perjuangan dan bermakna Ikhtiar sesuai yang dibahasakan dalam (Qs. Ar-ra'd 13) bahwa " Allah tidak akan merubah nasib suatu kamu apabila kaum itu sendiri yang tidak mau merbahnya" , ayat Al-Quran tersebut memberikan sinyal bahwa Kesuksesan atau hasil yang akan dicapai bergantung dari usaha pribadi manusia itu sendiri.
Allah SWT juga dalam menilai umatnya bukan melihat hasil yang dicapai tapi yang dilihat adalah usaha dari manusia itu sendiri, Insya Allah ketika kita memakai konsep " Yakin Usaha Sampai" yakin Kuasa Allah, akan membuat kita tidak akan merasa lemah ketika kita dalam berjuang mencapai sesuatu dengan keyakinan bahwa Allah selalu bersama kita untuk berjuang, dan pertolongan-Nya selalu datang kepada umatnya yang selalu berusaha tanpa kenal lelah, olehnya jangan pernah berhenti untuk berjuang.

Yakusa juga adalah filosofi sebuah slogan yang sudah mendarah daging pada diri anggota HmI. Yakusa, Yakin Usaha Sampai sebuah slogan motivasi yang hanya bisa di dapatkan melalui organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). HMI sendiri dari berbagai orang memandang sebagai barisan intelektual islam dengan berbagai tafsiran. yang sebenarnya tidak juga salah dan benar.

Dan filosofi yakusa, yakin usaha sampai inilah yang membuat anggota HmI tetap semangat, Meski sebenarnya bagaikan punguk merindukan bulan. Yakusa, yakin usaha sampai barangkali tepat dijadikan motivasi menuai sebuah kesuksesan hidup. Dalam Qoidah Ushul Fiqh, disebutkan “al yaqinu La yuzailu bisysyak”. Ini menjadi dasar kuat bahwa ketika seseorang merasa yakin, maka keyakinan itu tidak dapat dikalahkan oleh keraguan atasnya sedikitpun. Jika Anda tidak percaya, silahkan buktikan. Al Ashlu Baqo’u ma kana ‘ala ma kana, asal mula ada adalah tidak ada.

Artinya jika sekarang anda telah menjadi sukses, karena anda mungkin sudah benar-benar mampu, bukankah dulu anda bukan orang yang sukses. Kemenangan diraih dari sebuah kekalahan, kesuksesan dimulai dari ketiadaan. Mari tanamkan keyakinan dalam diri kita, Yakusa Yakin Usaha Sampai, setelah sampai anda akan mengerti apa yang akan anda perbuat selanjutnya.

Seorang anggota HmI di wajibkan memahami kata yakusa ini bukan hanya selogan yang digaungkan tanpa mengikuti semangat perjuangannya dibalik itu, kata yakusa jika di pahami lebih daripada selogan dengan ukiran kata-kata bisa akan menjadi mesin pengantar keberhasilan sebuah usaha yang menjadi tujuan.

Penulis : Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar