Pengertian Ekosistem dan Keanekaragaman Ekosistem Beserta Contohnya

Pengertian Ekosistem dan Keanekaragaman Ekosistem Beserta Contohnya
Pengertian Ekosistem, Keanekaragaman Ekosistem dan Contohnya – Ato Basahona Share tentang pengertian ekosistem, keanekaragaman ekosistem beserta contohnya. Sebelum membahas lebih jauh tentang keanekaragaman ekosistem dan contoh-contohnya terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu ekosistem.
Pengertian Ekosistem
Secara garis besar ekosistem terbagi atas 2 yaitu : Ekosistem Alami dan Ekosistem buatan.
Ekosistem Alam adalah ekosistem yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia sedangkan ekosistem buatan adalah sebaliknya yaitu ekosistem yang terjadi karena campur tangan manusia. Salah satu contohnya yaitu Aquarium.

Ekosistem adalah sebuah sistem yang didalamnya terdapat segala bentuk  kehidupan baik hayati maupun non hayati yang saling berhubugan atau berinteraksi antara satu dan lainya dalam hubungan yang saling menguntungkan atau merugikan dalam kehidupan. Hubungan interaksi dalam ekosistem disebut (simbiosis). Salah satu contoh hubungan interaksi yaitu simbiosis komensalisme.
Pengertian Keanekaragaman Ekosistem
keanekaragaman juga sering disebut biodiversitas yang merupakan istilah untuk menggambarkan segala benruk kehidupan yang berbeda-beda di alam. Baik dalam bentuk keberagaman gen, spesis (jenis), lingkungan tempat timpat tinggal alam.
Keanekaragaman ekosistem adalah segala bentuk keberagaman atau perbedaan ekosistem yang berada di alam sehingga menjadikan ekosistem itu beragam.
Contoh Keanekargaman Ekosistem
Macam-macam keanekaragaman ekosistem antara lain :
1.    Ekosistem Hutan
Berdasarkan pengertian keanekaragaman ekosistem maka ekosistem hutan adalah segala bentuk kehidupan yang berada berada di hutan dan saling berinteraksi antara satu jenis makhluk hidup dan yang lainnya termasuk didalamnya lingkungan kehidupan hutan. Makhluk hidup yang mendominasi ekosistem hutan berupa hewan dan tumbuhan, adapun manusia tapi hanya sebagian kecil karena manusia lebih dominan hidup di luar hutan. Komponen abiotik di hutan yaitu batu,tanah,pasir dan oksigen yang begitu berlimpah.
2.    Ekosistem Pantai
Ekosistem pantai adalah segala bentuk kehidupan biotik dan abiotik yang saling berinteraksi di wilayah lingkungan kehidupan sekitar pantai. Komponen biotik dan abiotik yang terdapat di ekosistem pantai sangat beragam, mengingat pantai itu sendiri merupakan akses yang banyak di datangi oleh berbagai jenis mahkluk hidup.
3.    Ekosistem Gurun
Ekosistem gurun misalnya gurun Sahara di Afrika. Mendengar ekosistem gurun anda pastin dapat membayang dengan sendirinya komponen biotik dan abiotik apa saja yang berada pada ekosistem gurun. Misalnya kaktus dan ular sedangkan komponen abiotiknya yang dominan adalah pasir.
Sebenarnya masih sangat banyak contoh-contoh ekosistem yang ada di muka bumi ini. 3 Contoh diatas sebagai gambaran dari sebagian kecil keberagaman ekosistem di alam ini. Bahkan seperti ekosistem hutan juga masih terbagi lagi misalnya ekosistem hutan hujan, tropis, ekosistem hutan payau, ekosistem hutan pantai dan lain-lain.
Itulah ciptaan Tuhan yang sempurna dengan segala bentuk lingkungan hidup yang berbeda-beda dengan jenis-jenis makhluk hidup yang berbeda pula.


EmoticonEmoticon