Pengertian Demagogi dan Pedagogi Berdasarkan Asal Usul Kata

Pengertian Demagogi dan Pedagogi Berdasarkan Asal Usul Kata

Sebagian dari kita sering mendengarkan kata Pedagogi dan Demagogi dan terkadang mengira dari kedua kata tersebut memiliki pengertian dan makna yang sama, namun sayangnya semua itu salah besar karena kedua kata tersebut sangat saling bertolak-belakang. Berikut adalah pengertian-pengertian dari kata Demagogi dan Pedagogi.

A. Demagogi


Demagogi berasal dari bahasa yunani , Demos berarti rakyat, agogos berarti pemimpin/penghasut. Maka demagog adalah penghasut yang pandai membakar naluri massa/untuk merebut tujuan tertentu yang di inginkan.

Pengertian demagogi:

adalah kegiatan menghasut, membohongi, Provokasi

1. Demagogi menurut KBBI:

Penghasutan teehadap orang banyak dengan kata-kata dusta untuk membangkitkan emosi rakyat.

2. Demagogi menurut ahli:

a. Prof. Ahmad Syafii Maarif. Mengatakan pedagogi adalah penghasut politik yang pandai membakar naluri massa dengan kata bohong untuk mencapai tujuan-tujuan tertentunya.

B. Pedagogi


1. Pengertian Pedagogi pada situs Wikipedia

Pedagogi dijelaskan secara singkat yaitu ilmu dan juga seni dalam menjadi seorang guru dalam ranah bagaimana menerapkan pola pembelajaran yang baik dan benar. Istilah ini mengarah pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran yang akan diterapkan sehingga mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

2. Secara etimologi

Asal muasal Kata Pedagogi berasal dari bahasa yunani kuno (Paidagogeo dari Pais: Anak dan Agi: membimbing, secara literal "Membimbing anak") di yunani kuno kata ini biasanya ditempelkan pada pembantu anak atau pengasuh anak untuk membimbing, namun dewasa ini kata Pedagogi di identikkan dengan "Pendidikan" sekarang digunakan segala bentuk konteks pembelajaran dan kegiatan yang berbau pendidikan.

3. Pedagogi menurut KBBI

Pedagogi merupakan ilmu pendidikan, ilmu pengajaran.

4. Pedagogi menurut ahli:

a. Menurut Prof. Dr. J. Hoogveld (belanda)

Pedagogi adalah ilmu yang mempelajari masalah membimbing anak ke arah tujuan tertentu, yaitu sehingga kelak ia " mampu secara mandiri menyelesaikan tugas hidupnya"

b. Menurut Suwarno istilah pedagogi berarti pendidikan, yang lebih menekankan pada praktek, menyangkut kegiatan mendidik, kegiatan membimbing anak. Pedagogi merupakan suatu teori yang secara teliti, kritis dan objektif.

Demikian perbedaan dari kedua kata Demagogi dan pedagogi yang sering terdengar dalam perdebatan-perdebatan diskursus belakangan ini.

Lihat juga : Tips Membagi Metode Belajar Untuk Kader HMI

Salam dunia hitam manis

Awin buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar