Pengertian, Fungsi dan Lapisan Pelindung Atmosfer

Pengertian Atmosfer, Fungsi Atmosfer dan Lapisan Pelindung Atmosfer – Kata atmosfer berasal bahasa Inggris yaitu atmosphere yang pada sebelumnya kata atmosfer berasal dari akar kata “atmos” dan “spheira”, atmos yang berarti uap dan spheira yang berarti bulatan. Jadi atmosfer, atmosphere atau atmosspheira adalah uap atau udara yang menyelubung planet bumi. Jadi secara umum atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi planet bumi.

Pengertian, Fungsi dan Lapisan Pelindung Atmosfer
Fungsi Atmosfer
Atmosfer pada planet bumi berfungsi sebagai pelindung terhadap kemungkinan adanya berbagai macam bentuk radiasi yang akan datang dari angkasa luar atau matahari dan bintang-bintang.
Lapisan Pelindung Atmosfer
Fungsi atmosfer sebagai pelindung bumi karena adanya lapisan “Van Allen Belt” atau sabuk Van Allen berbentuk berupa cincin yang mengelilingi bumi. Sabuk Van Allen ditemukan oleh fisikawan Amerika Josep Van Allen pada tahun 1958 yang terletak diatas garis khatulistiwa. Sabuk Van Allen memiliki lebar kurang lebih antara 40 derajat lintang Utara dan 40 derajat lintang Selatan pada ketinggian 10.000 kaki. Sabuk Van Allen memiliki ketebalan sampai dengan 40.000 kaki yang timbul karena pengaruh medan magnet bumi kutub utara dan kutub selatan.
Lapisan pelindung atmosfer lainnya adalah lapisan ozon yang menyelimuti seluruh atmosfer bumi. Lapisan ozon merupakan lapisan pelindung bumi terhadap radiasi sinar ultra violet. Lapisan ozon terdiri dari atom oksigen 3 (O³) yang mempunyai massa lebih berat dari pada oksigen biasa yaiut O² dan terletak lebih tinggi dari lapisan atau sabuk Van Allen. Lapisan ozon akan menahan sebagian radiasi sinar ultraviolet dari matahari yang menuju ke bumi karena radiasi sinar ultraviolet akan menimbulkan panas jika tidak tertahan sebagian oleh lapisan ozon. Oleh karena itu kerusakan lapisan ozon akan menyebabkan terjadinya pemanasan global akibat dari sinar ultra violet yang sudah tidak tertahan sebagian oleh lapisan ozon. Penyebab rusaknya lapisan ozon karena termakan oleh gas rumah kaca CFC (klorofluorokarbon).
Namun pada kenyataannya lapisan ozon sudah mulai mengalami kerusakan yang pada saat ini sangat meresahkan seluruh para ilmuan lingkungan hidup dan masyarakat yang memahami akan hal ini terkait dengan pemansan global. Fungsi lapisan ozon adalah untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet jika lapisan ozon tidak tertahankan dan masuk ke bumi dalam jumlah yang besar maka akan berbahaya untuk kehidupan manusia karena suhu bumi akan meningkat drastis dan hal itu menyebabkan ketidaknyamanan pada kelangsungan hidup manusia.


EmoticonEmoticon