Memahami Penyebab – Penyebab Pemanasan Global

Memahami Penyebab – Penyebab Pemanasan Global­- Secara sederhana pemanasan global adalah proses naiknya suhu rata-rata di permukaan bumi  baik lautan dan daratan. Pemanasan global atau global warming merupakan sebuah wacana permasalahan lingkungan hidup yang telah lama dibahas di seluruh dunia karena berbicara tentang pemanasan global pasti berbicara tentang permasalah yang dihadapi seluruh dunia.
Bumi adalah sebuah ekosistem besar dari bagian-bagian ekosistem kecil yang ada. Pada prinsipnya jika sebuah ekosistem terganggu maka akan berdampak pada ekosistem secara keseluruhan. Itulah yang terjadi dengan permasalahan pemanasan global, hal ini dirasakan diseluruh dunia dengan naiknya suhu rata-rata di permukaan bumi.

Memahami Penyebab – Penyebab Pemanasan Global
Dampak dari pemanasan global yang sangat nyata kita rasakan saat ini adalah terjadinya anomali cuaca atau cuaca yang tidak normal. Misalnya di Indonesia pada bulan-bulan tertentu yang seharusnya mengalami musim penhujanan malah terjadi panas (kemarau) yang kadang berkepanjangan. Fenomena-fenomena alam yang pada awalnya biasa menjadi sangat luar biasa yang mengakibatkan dampak buruk yang besar pada manusia, misalnya gelombang tsunami.
Itulah kenyataan pemanasan global yang terjadi sekarang dengan segala dampak-dampak yang telah kita rasakan. Oleh karena itu pemahaman tentang penyebab terjadinya pemanasan global wajib untuk kita ketahui bersama sehingga kita secara langsung dapat melakukan tindakan-tindakan nyata dalam mengurangi atau meminimalisir dampak alam yang terjadi.
Penyebab-penyebab pemanasan global atau global warming secara umum terbagi atas 2 bagian yaitu penyebab secara alami dan penyebab karena campur tangan manusia.
Penyebab pemanasan global secara alami
Penyebab secara alami misalnya terjadi letusan gununga berapi yang mengeluarkan abu vulkanik, abu letusan tersebut akan tersebar di atmosfer bumi dalam jumlah yang sangat besar dan bermil-mil jauhnya. Hal ini akan mengakibatkan naiknya suhu udara pada wilayah letusan gunung berapi dan wilayah sekitarnya.
Penyebab pemanasan global karena campur tangan manusia
Penyebab pemanasan global karena campur tangan manusia disebabkan oleh aktivitas manusia. Misalnya penggunaan kendaraan bermotor yang mengeluarkan Co2 (karbon dioksida), ini hanyalah salah satu contoh yang sering kita lakukan. Pada dasarnya aktivitas yang menyebabkan karbon dioksida tersebar ke atmosfer adalah yang wajar, namun jika dalam skala yang sangat besar maka hal inilah yang dapat menyebabkan permasalahan.
Sebab karbon-karbon yang menyebar ke udara akan menyerap (menahan) panas dari pantulan matahari sehingga energi-energi panas dari matahari akan tertahan di atmosfer sehingga dapat menyebabkan meningkatnya suhu di bumi.
Solusinya yaitu dengan menanam tanaman penghijauan, kenapa ? karena tanaman-tanaman penghijauan akan menyerap karbon dioksida tersebut dan mengeluarkan oksigen (O2) yang menguntung bagi manusia. Itulah kenapa kita selalu diingatkan untuk menanam pohon karena salah satu fungsi pohon yaitu menyerap karbon-karbon tersebut.
Karbon-karbon yang tersebar di udara baik secara alami maupun campur tangan manusia yang kemudia disebut “ Gas Rumah Kaca” gas rumah kaca tersebut kemudian menyebabkan meningkatnya suhu rata-rata di permukaan bumi sehingga disebut “Efek Rumah Kaca”. Sehingga dalam setiap pembahasan atau pembicaraan tentang pemanasan global selalu berhubungan erat dengan Gas Rumah Kaca (GRK) dan Efek Rumah Kaca (ERK).
Inilah hanyalah tulisan sederhana yang sengaja dibuat agar mudah dipahami oleh setiap orang yang membaca tulisan ini, termasuk anda. Semoga sedikit tulisan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi anda semua dan dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap nyaman untuk keberlangsungan hidup.


EmoticonEmoticon