Pengantar Taksonomi Tumbuhan

Pengantar Taksonomi Tumbuhan. Taksonomi berasal dari dua kata yaitu takson atau susunan dan nomos yang berarti hukum jadi Taksonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup. Pada intinya kalau berbicara Taksonomi berarti tidak terlepas dari Identifikasi, Klasifikasi dan Penamaan terhadap Makhluk Hidup.


Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu. Semua ahli biologi menggunakan suatu sistem klasifikasi untuk mengelompokkan tumbuhan ataupun hewan yang memiliki persamaan struktur, kemudian setiap kelompok tumbuhan ataupun hewan tersebut dipasang-pasangkan dengan kelompok tumbuhan atau hewan lainnya yang memiliki persamaan dalam kategori lain. Hal itu pertama kali diusulkan oleh John Ray yang berasal dari Inggris. Namun, ide itu disempurnakan oleh Carl Von Linne (1707-1778), seorang ahli botani berkebangsaan Swedia yang dikenal pada masa sekarang dengan Carolus Linnaeus.

Sistem klasifikasi Linnaeus tetap digunakan sampai sekarang karena sifatnya yang sederhana dan fleksibel sehingga suatu organisme baru tetap dapat dimasukkan dalam sistem klasifikasi dengan mudah. Nama-nama yang digunakan dalam sistem klasifikasi Linnaeus ditulis dalam bahasa Latin karena pada zaman Linnaeus bahasa Latin adalah bahasa yang dipakai untuk pendidikan resmi.

Klasifikasi makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh atau fungsi alat tubuhnya. Makhluk hidup yang memliliki ciri yang sama dikelompokkan dalam satu golongan. 

Dalam sistem klasifikasi, makhluk hidup dikelompokkan menjadi suatu kelompok besar kemudian kelompok besar ini dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Kelompok-kelompok kecil ini kemudian dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil lagi sehingga pada akhirnya terbentuk kelompok- kelompok kecil yang beranggotakan hanya satu jenis makhluk hidup

Baca Juga : Morfologi Umum Rumput

Pembagian klasifikasi yang umum digunakan sebagai berikut :

 1.Kingdom adalah kelompok terbesar dan paling umum, misal tumbuhan, hewan, atau jamur.
 2.Divisi adalah organisme yang jelas berhubungan dekat atau tingkatan takson tertinggi di dunia.
 3.Kelas adalah sebuah kelompok dari ordo-ordo dalam satu filum.
 4.Ordo adalah sebuah kelompok dari famili-famili yang jelas berhubungan dekat.
 5.Famili adalah sebuah kelompok dari genus-genus yang jelas berhubungan dekat.
 6.Genus adalah sebuah kelompok spesies-spesies yang mempunyai persamaan dan berhubungan dekat.
 7.Spesies adalah kelompok makhluk hidup yang dapat melakukan perkawinan untuk menghasilkan keturunan yang fertil. (Beberapa spesies dibagi-bagi lagi menjadi subs-pesies atau varietas).

 Baca Juga : Jenis Pohon Penghasil Gaharu


EmoticonEmoticon