Pengertian Kerja Nyata Serta Penjelasannya Agar Tidak Gagal Paham

Pengertian Kerja Nyata Serta Penjelasannya Agar Tidak Gagal Paham

Kata "Kerja Nyata" saat ini sedang trend dan banyak sekali diucapkan oleh orang-orang dalam berbagai aktivitas. Saya ingin menulis ini karena saya menganggap bahwa mungkin masih ada sebagian orang yang gagal paham tentang makna kerja nyata itu sendiri. Bahkan beberapa orang teman saya di kampus waktu itu juga sering memperdebatkan hal ini dengan saya sendiri.

Pengertian Kerja Nyata


Ada teman saya dulu yang perpendapat bahwa ketika orang-orang hanya duduk dan berdiskusi tentang sebuah topik tertentu itu bukanlah kerja nyata. Menurut dia kerja nyata itu adalah orang-orang yang berbuat atau mengerjakan sesuatu hingga memperoleh hasil yang ingin dicapai sedangkan orang yang hanya duduk berdiskusi atau rapat dikatakan bukan kerja nyata sebab hanya duduk saja tanpa sebuah tindakan.

Lihat juga : Konsisten, Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Berdoa Dalam Kehidupan

Terkait dengan pendapat teman saya di atas, saya sempat berpikir tentang para tokoh pejabat pemerintah seperti para menteri dan pejabat-pejabat lainnya atau para wakil rakyat. Mereka semua selalu membahas segala sesuatu konsep-konsep rencana kegiataan atau peraturan-peraturan yang akan diterapkan kepada seluruh bangsa Indonesia. Apakah mereka semua tidak kerja nyata ?

Apa itu Kerja dan Nyata ?


Saya akan mencoba membahas per kata dari apa itu kerja dan nyata.

Kerja merupakan sebuah aktivitas (bergerak) untuk melakukan sesuatu agar mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan.

Nyata adalah segala sesuatu yang dapat dilihat itu saja garis besar tanpa berbelit-belit memaknai kata nyata.

Jadi, kerja nyata adalah sebuah tindakan atau aktivitas yang dilakukan guna memperoleh hasil atau mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Contoh kerja nyata 


Seorang ibu memasak

Ketika seorang ibu memasak di dapur tujuan yang ingin dicapai yaitu mendapatkan masakan dari semua bahan yang telah dicampur hingga menjadi layak (enak) untuk dimakan oleh seluruh anggota keluarga.

Bapak pergi ke kebun cengkeh

Seorang bapak pergi ke kebun cengkeh untuk memetik buah cengkeh. Tujuannya dijual dan memperoleh uang dalam memenuhi kebutuhan hidup. Itu kerja nyata sebab dapat melihat si bapak berjalan ke kebun cengkeh miliknya.

Masih banyak contoh-contoh kerja nyata yang dapat anda cari sendiri.

Bagaimana dengan hanya duduk dan berdiskusi atau rapat ? apakah itu kerja nyata ?

Saya jawab secara tegas ya ! itu kerja nyata.

Orang-orang duduk berdiskusi merupakan sebuah aktivitas menyampaikan ide-ide mereka terhadap sebuah tema diskusi atau permasalahan yang terjadi.

Mereka duduk bersama, berbicara dan berdebat, itu nyata dapat dilihat aktivitas mereka yang bertujuan untuk melahirkan kesimpulan dari topik pembahasan atau solusi dari permasalahan yang dibahas. Semua manusia berpikir dulu sebelum bertindak lebih jauh.

Ibu yang memasak juga harus belajar dulu resep masakan sebelum mulai memasak. Bapak pergi ke kebun harus berpikir ketika masih di rumah, apa yang harus dia lakukan ketika berada di kebun.

Semua orang yang beraktivitas atau bertindak sesuai rencana untuk mencapai tujuan atau memperoleh hasil adalah kerja nyata. Mau memasak, memancing, pergi kebun atau berdiskusi itu semua kerja nyata karena dapat dilihat dan memperoleh hasil.

Lihat juga : Pengertian dan Fungsi-Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia di Dunia Usaha

Ketika kita hanya melihat sebuah hasil atau pencapaian yang berbeda bukan berarti kita memisahkan antara kerja nyata dan tidak sebab ada perbedaan-perbedaan tujuan yang ingin dicapai oleh orang-orang yang beraktivitas.

Ketika orang pergi ke pasar tujuannya berbelanja, berbeda dengan tujuan orang pergi memancing begitu juga dengan tujuan orang yang berdiskusi.

Bisa saja dari hasil diskusi orang-orang tersebut akan menghasilkan ide-ide yang bermanfaat untuk implementasi secara bersama-sama. Bahkan bisa saja orang-orang yang mengatakan berdiskusi bukan kerja nyata yang akan menggunakan hasil pemikiran dari diskusi tadi. Padahal semuanya sama-sama kerja nyata hanya saja hasilnya yang berbeda dan bisa jadi tujuannya sama secara luas.

Lihat juga : Contoh Laporan Kerja Triwulan Organisasi Mahasiswa

Pahamilah kata kerja nyata dengan bijak agar kita tidak menganggap bahwa kita yang paling hebat. Hiduplah dengan pengendalian diri yang baik sebab manusia tidak sempurna, maka dari ketidakksempurnaan itulah sehingga kita saling melengkapi untuk semakin mendekati kesempurnaan. Ayo kerja nyata !
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar