Pengertian dan Fungsi-Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia di Dunia Usaha

Pengertian dan Fungsi-Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia di Dunia Usaha

Salah satu aspek yang tidak kalah penting untuk dikelola para wirausahawan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilinya. Manusia yang menjadi motor penggerak usaha, perlu dikelola secara profesional. Pengelolaan SDM ini dikenal dengan istilah Manajemen Sumber Daya Manusia.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah bagaimana perusahaan mengelola sumber daya manusia yang dimiliki, mulai dari masuk kerja hingga keluar dari pekerjaan. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah konsep yang berhubungan dengan kebijaksanaan, prosedur dan praktek bagaiman mengelola dan mengatur orang dalam perusahaan untuk mencapai tujuan yang tela ditetapkan.

Pengelolaan manusia sebagai aset yang paling penting bagi perusahaan dimulai dari penentuan jabatan yang dibutuhkan perusahan atau seberapa banyak jabatan yang diperlukan. Kemudian penentuan tugas, wewenang dan tanggungjawab masing-masing jabatan. Untuk menduduki jabatan diperlukan keterampilan tertentu. Oleh karena itu, perusahaan juga harus menentukan persyaratan jabatan untuk menduduki jabatan tersebut

Masing-masing kegiatan dalam MSDM tidak bisa berjalan sendiri-sendiri tetapi harus dilaksanakan secara berkesinambungan karena kaitan antara satu kegiatan dan kegiatan lainnya sangat erat. Apabila salah satu kegiatan tidak dapat dijalankan dengan baik, jangan harapkan tujuan MSDM perusahaan dapat tercapai.

Fungsi-Fungsi Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebagaimana fungsi manajemen pada umunya, MSDM juga memiliki beberapa fungsi, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap SDM secara benar. Kegiatan manajemen sumber daya manusia dapat dijabarkan dalam fungsi manajerial yang meliputi :
  1. Analisis jabatan
  2. Perencanaan tenaga kerja
  3. Pengadaan karyawan 
  4. Pelatihan dan pengembangan
  5. Kebijakan kompensasi
  6. Perencanaan karir
  7. Kebijakan kesejahteraan
  8. Peutusan hubungan kerja
Analisis Jabatan

Analisis jabatan adalah proses untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan suatu jabatan. denga kata lain, analisis jabatan dapat di artikan sebagai suatu proses yang sistematis untuk mengumpukan, menganalisis data dan informasi suatu jabatan. Untuk itu, perlu diketahui pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakannya dan mengapa pekerjaan itu harus dilakukan serta persayaratan untuk menduduki suatu jabatan.

Hasil dari analisis jabatan melingkupi 2 hal yaitu :
  1. Uraian jabatan
  2. Spesifikasi jabatan
Dalam uaraian jabatan dijelaskan secara lengkap tentang keterangan jabatan yang ada serta segala sesuatu yang berkaitan dengan jabatan tersebut . Adapun isi uraian jabatan meliputi hal-hal seperti :
  1. Indentitas jabatan
  2. Fungsi jabatan
  3. Uraian tugas
  4. wewenang
  5. Tanggung jawab
  6. Hubungankerja
  7. Bahan, alat dan mesin yang digunakan
  8. Kondisi kerja
Sementara itu, spesifikasi jabatan atau persyaratan jabatan memuat syarat-syarat minimum yang harus dipenuhi oleh seseorang agar dapat melaksanakan jabatan tertentu dengan baik.

Persyaratan jabatan harus memuat hal-hal antara lain :
  1. Persyaratan pendidikan
  2. Persyaratan pelatihan
  3. Persyaratan pengalaman
  4. Persyaratan psikologi
  5. Persyaratan khusus
Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya manusia adalah kegiatan merencanakan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan analisa jabatan yang sudah dibuat.

Perencanaan tenaga kerja diperlukan perusahaan karena beberapa pertimbangan seperti :
  1. Untuk memenuhi kebutuhan karyawan baru karena ada pembukaan cabang baru atau pendirian usaha baru
  2. Adanya karyawan yang keluar karena pensiun atau keluar sendiri atau dikeluarkan perusahaan dan
  3. Pertimbangan lainnya
Pengadaan Karyawan

Pengadaan tenaga kerja merupakan upaya untuk memperoleh jumlah dan jenis tenaga kerja yang cepat untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam upaya mencapai tujuan yang ditentukan.

Karyawan yang telah lolos seleksi dibagi dalam 2 kategori :
  1. Mereka yang dapat langsung bekerja karena sudah berpengalaman kerja sebelumnya
  2. Mereka yang belum memiliki pengalaman kerja. Kelompok ini akan diberikan pelatihan terlebih dahulu
Pelatihan dan Pengembangan

Hal ini berhungubungan dengan point di atas yaitu mereka yang belum memilik pengalaman kerja yang bertujuan untuk membiasakan mereka bekerja dilingkungan perusahaan.

Kompensasi

Program kompensasi penting diperhatikan oleh oragnisasi dalam rangka mempertahankan sunber daya manusia yang profesional dan berkualitas. Kompensasi merupakan semua imbalan yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Pada umumny balasa jasa terdiri dari upah atau gaji, tunjangan perumahan, kesehatan, hari tua, insentif dan premi.

Perencanaan Karir

Pengertian perencanaan karir adalah perjalanan kerja seseorang selama berada di perusahaan. Karyawan dapat merencanakan karirnya sejak mulai bekerja sampai berhenti bekerja. Karir seseorang lebih banyak ditentukan oleh orang yang bersangkutan.

Keselamatan dan Kesehatan

Perusahaan juga perlu memikirkan keselamatan dan kesehatan kerja, menunjuk pada kondisi fisik dan mental karyawan akibat lingkungan kerja. Kondisi fisik meliputi penyakit dan kecelakaan kerja seperti kehilangan nyawa, cacat anggota tubuh atau kanker. Sementara kondisi psikologi atau mental seperti stress dan lain-lain.

Pemutusan Hubungan Kerja

Pemutusan hubungan kerja merupakan kebijakan perusahaan untuk memberhentikan seorang karyawan. Pemutusan hubungan kerja disebabkan oleh berbagai alasan antara lain :
  1. Memasuki masa pensiun
  2. Permintaan pengunduran diri
  3. Pemecatan karena melakukan kesalahan
  4. Pensiun dini
  5. Meninggal dunia
Masa pensiun merupakan faktor alamiah karena usia prosuktif. Sekian pengertian serta penjelasan  Manajemen Sumber Daya Manusia di dunia usaha atau perusahaan yang berhubungan erat dengan karyawan atau tenaga kerja.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar