Ato Basahona Share

follow us

3 Tips Menentukan Judul Proposal Penelitian Mahasiswa Calon Sarjana

Banyak teman-teman mahasiswa yang sering bertanya ke saya apa judul proposal penelitian yang baik untuk memperoleh gelar S1 mereka. Bukan hanya teman-teman se-jurusan bahkan yang jurusan lain juga sering bertanya seperti itu.

Proposal penelitian mahasiswa merupakan salah satu langkah awal dalam proses pembuatan skripsi demi memperoleh gelar sarjana. Maka dalam membuat proposal teman-teman harus berbikir sebaiknya-baiknya sehingga selama proses penelitian berjalan hingga penyusunan skripsi tidak mendapatkan masalah yang serius.

Pada kesempatan ini saya akan share tips-tips untuk menentukan judul proposal penelitian mahasiswa yang akan meraih gelar sarjana. Tips ini berlaku untuk umum, jadi berlaku untuk teman-teman semua dari berbagai jurusan berbeda.

1. Bidang ilmu yang disukai

Selama menjalani proses perkuliahan dalam beberapa semester, pasti terdapat bidang ilmu atau mata kuliah tertentu yang teman-teman sukai. Nah, dengan bermodalkan rasa suka tersebut maka pilihlah penelitian dibidang itu sehingga teman-teman akan lebih menikmati saat melakukan penelitian dan lebih mudah untuk memahami apa yang diteliti. Jika teman-teman telah menentukan bidang ilmu apa yang akan dipilih maka mudah saja dalam menentukan judul proposal bersama dosen pembimbing nantinya.

2. Judul proposal penelitian harus spesifik

Judul proposal penelitian dibuat spesifik agar tidak melebar pembahasan dalam isi proposal dan skripsi nantinya serta saat melakukan penelitian. Misalnya bidang ilmu yang teman-teman pilih tentang Tanaman Sengon, maka harus dipastikan apa yang akan diteliti, bagian batang, daun, buah atau pertumbuhannya. Selain itu, tentukan juga dimana lokasinya sehingga penelitian yang akan teman-teman lakukan lebih spesifik seperti yang saya jelaskan di atas.

Lihat : Contoh Proposal Penelitian Mahasiswa Kehutanan

3. Dosen pembimbing ahli

Jika tips pertama dan kedua telah teman-teman lakukan maka tips yang terakhir yaitu menentukan dosen pembing yang ahli dibidang penelitian teman-teman. Dengan begitu akan mempermudah pelaksanaan prosedur penelitian nantinya.

Misalnya dibidang penelitian tentang budidaya tanaman maka usahakan dosen pembimbing adalah orang yang ahli dalam hal pembudidayaan tanaman. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa setiap dosen memiliki keahlian pada disiplin ilmu mereka masing-masing.

Semoga 3 cara dalam menentukan judul proposal penelitian mahasiswa ini dapat menambah pengetahuan teman-teman yang akan menentukan judul penelitian. Jika ada teman-teman yang ingin bertanya silahkan saja berkomentar dan kita dapat diskusi lebih lanjut.

You Might Also Like: