Pengertian dan Manfaat Taman Nasional Secara Ekonomi dan Ekologi

Pengertian Taman Nasional
Pengertian Taman Nasional menurut pasal 1 Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, pada ayat 14 adalah sebagai kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.
Pengertian dan Manfaat Taman nasional Secara Ekonomi dan Ekologi
Sumber : www.gorontalofamily.org
Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi alam (Pristiyanto, 2005).
Manfaat Taman Nasional
Pengelolaan taman nasional dapat memberikan manfaat antara lain: ekonomi dapat dikembangkan sebagai kawasan yang mempunyai nilai ekonomis, sebagai contoh potensi terumbu karang merupakan sumber yang memiliki produktivitas dan keanekaragaman yang tinggi sehingga membantu meningkatkan pendapatan bagi nelayan, penduduk pesisir bahkan devisa negara.
1.    Ekologi
Dapat menjaga keseimbangan kehidupan baik biotik maupun abiotik di daratan maupun perairan.
2.    Estetika
Memiliki keindahan sebagai obyek wisata alam yang dikembangkan sebagai usaha pariwisata alam/bahari.
3.    Pendidikan dan penelitian
Merupakan obyek dalam pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan penelitian.
4.    Jaminan masa depan keanekaragaman sumber daya alam kawasan konservasi baik di darat maupun di perairan memiliki jaminan untuk di manfaatkan secara batasan bagi kehidupan yang lebih baik untuk generasi kini dan yang akan datang (Departemen Kehutanan, 1986).

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Taman Nasional Secara Ekonomi dan Ekologi"

Post a Comment