12 Macam Sumber Daya Alam Serta Perbedaanya

12 Macam Sumber Daya Alam Serta Perbedaanya

Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sumbernya, persebarannya, tujuannya, cara pengolahan dan pemanfaatannya, sifat, potensi, jenisnya, pembentukannya, nilai ekonomis atau nilai kegunaannya, bentuknya, Undang-Undang Republik Indonesia serta berdasarkan Barlow :
1.    Berdasarkan sumbernya
Sumber daya alam di bedakan menjadi 2 jenis yaitu :
a.    Sumber daya alam  Biotik (organik) yaitu sumber daya alam yang berasal dari mahkluk hidup misalnya : kayu, ikan, batu bara, minyak bumi, dan mamer.
b.    Sumber daya alam Abiotik (anorganik) yaitu sumber daya alam yang berasal bukan dari mahkluk hidup misalnya : tima, besi, dan kwarsa.
2.    Berdasarkan Persebarannya
Sumber daya alam dibedakan menjadi dua jenis :
a.    Sumber daya alam yang terdapat di mana – mana misalnya sinar matahari, air, udara, areal pertanian, dan hutan.
b.    Sumber daya alam yang hanya ditemukan di daerah tertentu saja misalnya : tambang uranium, tambang batu bara dan tambang emas.
3.    Berdasarkan tujuannya
Sumber daya alam di bedakan atas 3 jenis yaitu :
a.    Sumber daya alam bahan industri ialah sumber daya alam yang umumnya di gunakan sebagai bahan dasar atau bahan baku industri misalnya tanah liat, belerang dan lain-lain.
b.    Sumber daya alam bahan pangan ialah sumber daya alam yang digunakan sebagai bahan pangan baik langsung maupun melalui pengelolahan terlebih dahulu misalnya padi, jagung, dan kedelai.
c.     Sumber daya alam bahan sandang ialah sumber daya alam yang dapat di gunakan sebagai bahan baku pembuatan sandang misalnya sutra dan kapas.
4.    Berdasarkan cara pengolahan dan pemanfaatannya
Sumber daya alam di bedakan menjadi dua yaitu Sumber Daya Alam yang dapat di perbaharui (Renewable Resources) dan Sumber Daya Alam yang tidak dapat di perbaharui (Unrenewable Resource).
a.    Renewable Resources (Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui) merupakan Sumber Daya Alam yang dapat dilestarikan antara lain berasal dari tanah, seperti hasil pertanian, perhutanan, dan perkebunan yang mana sangat bermanfaat untuk manusia, yaitu :
1.    Karet sebagai bahan baku pembuatan ban.
2.    Kapas sebagai bahan baku tekstil.
3.    Tembakau sebagai bahan baku rokok atau obat.
4.    Kopi sebagai bahan baku pembuatan minuman.
b. Unrenewable Resources (Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui) merupakan Sumber Daya Alam yang akan habis jika terus menerus digunakan atau sulit dijaga kelestariaannya. Karena membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pembentukannya. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan kemungkinan akan habis ialah hasil tambang, diantaranya sebagai berikut :
1.    Batu bara, banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan industri dan rumah tangga.
2.    Minyak bumi, digunakan sebagai bahan bakar minyak.
3.    Vaselin untuk bahan obat (salep).
4.    Parafin untuk bahan pembuat lilin.
5.    Aspal untuk bahan pembuat jalan.
6.    Bijih besi dimanfaatkan untuk peralatan rumah tangga dan pertanian.
7.    Tembaga untuk membuat perabotan dapur.
8.    Bauksit bermanfaat sebagai bahan dasar pembuatan alumunium.
9.    Emas dan perak untuk perhiasan.
10. Marmer untuk bahan bangunan rumah atau gedung.
5. Berdasarkan Sifat
Menurut sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi 3, yaitu sebagai berikut :
a.    Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut terbarukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki gaya regenerasi (pulih kembali).
b.    Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), misalnya: minyak tanah, gas bumi, batu tiara, dan bahan tambang lainnya.
c.     Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.
6. Berdasarkan Potensi
Menurut potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam, antara lain :
a.    Sumber daya alam materi : merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, dan sebagainya.
b.    Sumber daya alam energi: merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut  laut, kincir angin, dan lain-lain.
c.     Sumber daya alam ruang : merupakan sumber daya alam yang berupa  ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
7. Berdasarkan Jenis
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :
a.    Sumber daya alam nonhayati (abiotik) disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.
b.    Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.
8. Berdasarkan Pembentukan:
a.    Sumber Daya Alam Biotik terbentuk dari adanya proses tumbuh dan berkembangnya makhluk hidup. Contoh: tumbuhan dan hewan.
b.    Sumber Daya Alam Fisis terbentuk dari proses fisis dan kekuatan alam. Contoh: air, tanah, udara, dan barang tambang.
c.     Sumber Daya Alam Lingkungan terbentuk dari penggabungan antara faktor fisis dan biotik. Contoh: Lingkungan pegunungan, lingkungan  lembah.
9.  Sumber daya alam berdasarkan nilai ekonomis atau nilai kegunaannya:
a.    Sumber Daya Alam Ekonomis Tinggi merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang tinggi. Contoh: mineral dan logam mulia seperti emas, perak, intan.
b.    Sumber Daya Alam Ekonomis Rendah merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya memerlukan biaya yang relatif murah. Contoh: Pasir, Batu.
c.     Sumber Daya Alam non Ekonomis merupakan sumber daya alam yang dalam mendapatkannya tidak memerlukan biaya. Contoh: Udara, Sinar dan Panas Matahari
10.  Sumber daya alam berdasarkan bentuknya :
1. Sumber daya lahan atau tanah
2. Sumber daya hutan
3. Sumber daya air
4. Sumber daya laut
5. Sumber daya mineral
11. Sumber daya menurut Undang-Undang Republik Indonesia
Tentang Lingkungan Hidup No.4 Tahun 1982 dapat dikelompokkan menjadi empat kategori utama, yaitu:
1. sumber daya manusia
2. sumber daya alam hayati
3. sumber daya alam nonhayati
4. sumber daya buatan.
12. Sumber daya alam menurut Barlow
1.Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui
2.Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui
3.Sumber Daya Alam yang memiliki sifat gabungan.


EmoticonEmoticon