Lingkungan Hidup Alam

Lingkungan Hidup Alam
Pengertian lingkungan hidup alam secara sederhana adalah lingkungan yang telah ada atau lingkungan yang terjadi atas ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan alam adalah lingkungan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, lingkungan yang Tuhan ciptakan untuk memenuhi kebutuhan semua makhluk ciptaanNYA.
Oleh karena itu, pendidikan tentang lingkungan hidup harus terapkan dengan baik kepada semua orang/kalangan sehingga kita dapat menjaga lingkungan hidup dengan baik untuk pemenuhan kebutuhan manusia.
Sebab, pada dasarnya lingkungan alamlah yang melestarikan manusia bukan manusia yang melestarikan alam, kita hanya menjaga lingkungan hidup atau lingkungan alam sekitar kita agar tetap alami dalam memenuhi kebutuhan kita. Alam akan baik-baik saja tanpa manusia, namun manusia akan tidak akan baik-baik saja jika lingkungan alami kita terganggu atau rusak.
Pada dasarnya lingkungan alam terbagi atas dua yaitu lingkungan biotik dan abiotik
Lingkungan Alam Biotik
Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri dari semua komponen makhluk hidup seperti manusia, hewan tumbuhan dan mikro organisme. Mikroorganisme adalah makhluk hidup yang sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Contoh mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur dan ragi. 
Mikroorganisme dengan jenis tertentu juga dapat menyebabkan kerusakan pada makanan dan beberapa di antaranya (yang disebut Pathogen) juga dapat menyebabkan keracunan makanan. Selain itu mikroorganisme juga berperan sebagai pengurai atau disebut dekomposer sehingga makhluk hidup yang telah mati dapat terurai dengan lingkungan alam sekitarnya.
Setiap makhluk hidup yang berada di lingkungan alam melakukan interaksi antar sesama sehingga menyebabkan hubungan timbal balik antara sesama yang kemudian disebut ekologi atau ekosistem.
Lingkungan Alam Abiotik
Pengertian lingkungan abiotik adalah lingkungan hidup yang terdiri dari komponen-komponen benda fisik. Contoh lingkungan hidup abiotik seperti air, tanah dan udara termasuk sinar matahari.
Kesimpulan :
Lingkungan alam terdiri dari lingkungan biotik dan abiotik yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Sebab kedua kategori tersebut akan saling melengkapi sehingga disebut lingkungan hidup. Semua komponen dalam lingkungan hiduplah yang kemudian disebut ekosistem secara menyeluruh.


EmoticonEmoticon