Pengertian Tumbuhan Parasit

Pengertian Tumbuhan parasit adalah tumbuhan yang hidup dan menempel pada tumbuhan lain dan mengambil makanan dari tumbuhan inang. Tumbuhan parasit digolongkan menjadi, yaitu semi parasit dan parasit sempurna (Ewusie,1990).

1.    Tumbuhan Semi Parasit
Tumbuhan semi parasit (semiparasites atau partial parasites) yaitu tumbuhan parasit yang hidup dengan suplai sebagian makanan dari inangnya dan sebagian dari fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan parasit itu sendiri. Contoh tumbuhan semi parasit antara lain Cassytha spp. dan Tapinanthus bangwensis merupakan parasit yang tumbuh pada cabang pohon, Striga spp parasit yang tumbuh pada akar rumput dan Sopubia ramosa merupakan parasit yang tumbuh pada akar alang-alang (Ewusie,1990). Di Indonesia parasit cabang pohon yang terkenal adalah benalu, yaitu anggota famili Loranthaceae (Soerianegara dan Indrawan, 1982).
2.    Tumbuhan Parasit Sempur
Tumbuhan parasit sempurna (total parasite) yaitu tumbuhan parasit yang hidup sepenuhnya bergantung pada suplai makanan dari tumbuhan inang. Tumbuhan parasit sempurna sangat merugikan tumbuhan inang, bahkan dapat merusak tumbuhan inang dengan cara memakan jaringan dan melepaskan racun.
Contoh tumbuhan parasit sempurna antara lain Balanophora spp. Merupakan parasit di hutan hujan tropis, Cuscuta spp. Merupakan parasit pada perdu dan pohon kecil, Orobanche spp. Merupakan parasit pada akar tomat dan tembakau dan Rafflesia spp. Merupakan parasit pada akar ara atau pohon-pohon anggota genus Ficus (Ewusie,1990).


EmoticonEmoticon