Pulau Gantenae di Kepulauan Joronga

Gantenae adalah sebuah nama yang diberikan kepada sebuah pulau kecil yang indah di Desa Kukupang, Kecamatan Kepulauan Joronga, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Kenapa Admin mengatakan pulau yang indah ? Sebab pulau kecil yang di hiasi oleh pasir putih dan diteduhkan dengan pohon Cemara membuat pulau tersebut tampak indah dari kejauhan sehingga membuat penasaran bagi siapa saja yang lewat disitu untuk menginjakan kaki di pasir putih dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon Kasuari yang berjejer di tepi pantai.

Pulau Gantenae

Pulau Gantenae sendiri dimanfaatkan oleh masyarakat desa Kukupang untuk membudidayakan Kerang Mutiara. Proses pembudidayaan itu sendiri di fasilitasi oleh sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Jadi, setiap harinya masyarakat dari desa Kukupang melakukan aktifitas mereka menggunakan perahu motor menuju pulau Gantenae tersebut.

Untuk menuju ke pulau Gantenae memang cukup perjalanan yang cukup panjang yaitu mulai dari Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara dari situ anda dapat menggunakan kapal motor menuju ke Kabupaten Halmahera Selatan tepatnya di kota Babang perjalanan menuju kota Babang pun hanya dapat dilalui lewat perjalanan laut sebab di Maluku Utara sendiri termasuk dalam daerah kepulauan. Namun, anda jangan khawatir karena transportasi laut menuju kota babang Halmahera Selatan sangat lancar dan setiap hari selalu lancar.

Gambar Google Earth

Setibanya di Kota Babang Halmahera Selatan, anda dapat melanjutkan perjalanan menuju desa Kurunga atau Desa Kukupang sebab kedua desa tersebut sangat dekat dengan Pulau Gantenae tersebut meskipun dalam hitungan jarak tempuh masih lebih berdekatan dengan desa Kukupang, Kecamatan Kepulauan Joronga. 

Kedua Desa tersebut dapat di tempuh dengan kapal motor maupun spee boat dengan lama perjalanan sekitar 6 jam yang menjadi lebih menambah pengalaman dalam melakukan perjalanan karena perjalanan kapal motor atau speed boat tersebut juga akan singgah di beberapa desa sebelum sampai di desa Kurunga atau Kukupang. 

Dalam melakukan perjalanan Admin sarankan agar persiapkan alat dokumentasi sebaik-baiknya karena kalian akan melewati gugusan pulau-pulau yang menarik dalam perjalanan nantinya, apalagi kalau sudah sampai di Kepulauan Joronga.

 
Setelah tiba di Desa Kurunga atau Kukupang Admin sarankan beristirahatlah dan nanti esok harinya barulah melakukan perjalanan ke Pulau Gantenae. Perjalanan menuju pulau mengunakan tranportasi laut yaitu perahu motor para nelayan yang disewakan.


Semoga tulisan bermanfaat buat kalian semua, sebagai bentuk informasi yang di share di blog ini. Apabila ada yang mau bertanya atau memberikan saran, silahkan melalui kolom komentar di bawah atau bisa juga lihat video perjalanan Admin di bawah ini

Silahkan lihat video Pulau Gantenae di Kepulauan Joronga DISINI



Terimakasih.

(Baca Juga Pesona Pulau Sambiki di Kepulauan Sula)