Pesona Pulau Sambiki di Kepulauan Sula

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Malam

Bagaimana kabar teman-teman..?
Semoga kita semua selalu dalam keadaan baik.. Amin

Pada malam hari ini penulis akan menyampaikan kepada teman-teman semua tentang sebuah pesona pulau di Kabupaten Kepulauan Sula di Provinsi Maluku Utara yaitu Pulau Sambiki. Mohon maaf entah apa nama sebenarnya Pulau ini yang disahkan sebagai nama yang sah, namun yang penulis ketahui semenjak kecil sampai sekarang nama pulau ini biasanya di sebut Pulau Sambiki oleh orang-orang sekitar pulau. Kenapa disebut dari kecil sebab penulis sendiri berasal dari Kepulauan Sula hehe.



Kenapa tentang nama ini sengaja dibahas..? karena nama Pulau Sambiki juga sama dengan nama sebuah pulau di Desa Sambiki tepatnya di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara juga.

Namun Pulau Sambiki yang penulis share saat ini adalah pulau Sambiki yang berada di Kabupaten Kepulauan Sula. Sekali lagi penulis sampaikan bahwa nama Sambiki ini adalah nama yang biasanya disebut orang-orang sekitar, namun nama pulau yang sebenarnya atau berdasarkan legitimasi belum penulis ketahui.

Pulau Sambiki di Kabupaten Kepulauan Sula adalah sebuah pulau yang terletak pada koordinat  01°56'31.32" Lintang Utara (LU) dan 125°47'3.88" Bujur Timur (BT) dengan Desa Baruakol berada pada Barat Laut (BL) dan Desa Paslal berada pada Timur Laut (TL) untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar yang diambil lewat Google Eart dibawah ini. 


Pulau Sambiki dahulunya difungsikan oleh masyarakat sebagai tempat persinggahan untuk memakan bahan perbekalan oleh para nelayan dan orang-orang yang melakukan perjalanan laut menggunakan perahu motor atau sebutan masyarakat setempat Perahu Bodi yaitu dari desa-desa yang berada di Pulau Mangole menuju ke desa - desa yang berada di Pulau Sulabesi atau yang lebih sering disebut masyarakat setempat dengan nama Pulau Sula, begitu juga sebaliknya dari Pulau Sulabesi ke Pulau Mangoli. 

Tapi pada saat ini orang-orang sudah mulai melakukan rekreasi atau perjalan ke Pulau Sambiki dalam rangka jalan-jalan menikmati keindahan pulau yang selama ini belum terekspos dengan baik, sehingga bentuk tulisan ini juga sebagai salah satu usaha mempublikasikan ke mata dunia tentang Pesona Pulau Sambiki ini. Perjalanan menuju ke Pulau Sambiki cukup singkat hanya sekitar 1-2 Jam dengan menggunakan perahu motor ( bodi ) atau Speed Boat. 


Pesona dari Pulau Sambiki yang menonjol terlihat ketika mendekati Pulau ini adalah pasir putih yang indah. Selain itu keadaan laut di sekitar pulau Sambiki juga tidak kalah menariknya karena memilik terumbuk karang yang masih sangat-sangat orisinil dan ditambah lagi bagi orang-orang yang hobi melakukan Diving menurut penulis sangat cocok sebab garis pantai dan batas kedalaman laut cukup dekat sehingga keindahan laut dapat langsung terlihat jelas, bahkan  ketika kita berada dipantai sambil menikmati keindahan pulau-pulau dan perahu motor yang melewati pulau dan juga para nelayan yang sibuk melakukan aktifitas memancing di sekitar Pulau Sambiki.

Keadaan bawah laut sekitar pulau Sambiki :








EmoticonEmoticon