8 Jenis Hewan Unik di Sekitar Kita Dengan Ciri Khasnya Masing-Masing

Hewan unik dengan ciri khas keunikan yang sering kita lihat namun belum kita sadari kalau hewan-hewan tersebut sangat unik. Berikut ini beberapa hewan di sekitar kita yang termasuk unik :
1.    Zebra
Tahukah anda mengapa zebra memiliki warna tubuh belang-belang ?
Pada zaman dahulu zebra merupakan sejenis kuda dengan warna hitam atau cokelat gelap. Seiring berjalannya waktu terjadi perkawinan silang antara dengan kuda-kuda yang berwarna kebih terang. Maka, kuda betina keumudian beranak anak beberapa anak kuda berna gelap dengan garis yang lebih terang, lalu dari anakan kuda tersebut terus terjadi perkawinan sehingga menghasilkan anakan dengan warna seperti zebra sekarang ini.
2.    Kucing
Tahukah anda mengapa mata kucing nyala saat malam ?
Pada mata kucing terdapat lapisan pemantul cahaya yang disebut tapetum licidum sehingga menyebabkan mata kucing menyala saat malam dan akan lebih terlihat terang saat gelap. Lapisan pemantul tersebut dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat dari mata manusia, hal itu memungkinkan kucing bisa melihat dalam gelap.
Tahukah anda berapa kali kucing kampung mendengkur ?
Ternyata kucing kampung mendengkur setiap 26 kali perdetik hal hampir sama dengan frekwensi mesin diesel saat dalam keadaan idle. Dengkurnya kucing kampung dapat mencapai frekwensi suara sampai 65 Khz sedangkan pada manusia hanya mencapai 20 Khz. Bahkan indra penciuman kucing lebih kuat dari pada penciuman manusia.
Tahukah anda alasan kucing mendengkur ?
Kucing mendengkur saat sedang tidur bertujuan untuk memberitahukan ke kucing lain terkait keberadaan dirinya. Misalnya induk kucing yang mendengkur agar anak-anaknya mengetahui keberadaan dirinya sehingga mereka mendekati induknya.
Tahukah anda kenapa kucing senang mencakar-cakar ?
Kucing mencakar-cakar untuk mengasah kukunya biar selalu tajam, kucing yang hidup di dalam rumah biasanya mencakar-cakar lemari atau tiang rumah sedangkan kucing liar yang hidup di luar rumah biasanya mencakar pohon demi mengasah kukunya.

8 Jenis Hewan Unik di Sekitar Kita
3.    Kanguru
Tahukah anda kenapa kanguru mengendong anaknya ?
Kanguru menggendong anaknya bukan hanya untuk melindungi anakanya dari predator tapi yang lebih penting disini adalah pu*ing sus* kanguru betina berada dalam kantong tersebut. Maka untuk menyusui, anaknya harus berada di dalam kantong. Hal sekaligus melindungi anaknya dari pemangsa dan tubuhnay akan hangat saat berada disitu.
Selain anak kanguru, tahukah anda hewan apalagi yang hidup didalam kantong ?
Ada juga hewan yang anaknya hidup di dalam kantong yaitu Koala. Ketika lahir, anak koala hidup di dalam kantong indukanya dan setelah keluar dari kantong tersebut anak koala masih hidup berada di punggung induknya satu sampai dua tahun.

Lihat juga :


4.    Anjing
Tahukah anda jenis anjing yang apa yang paling tinggi ?
Jenis anjing tertinggi adalah great done, anjing jenis ini dapat mencapai tinggi sampai 81 cm. Anjing ini pertama kali dikembangbiakan di Jerman ratusan tahun lalu dengan tujuan berburu hewan liar di hutan.
Tahukah anda mengapa anjing suka mengubur sisa makanannya ?
Keidupan anjing akan selalu terancam diserang oleh anjing-anjing lain saat hidup di alam liar terkait perebutan makanan. Oleh sebab itu anjing di alam liar akan makan secepatnya dan mungkin mengubur sisa makananya yang mungkin dapat dimakan lagi nantinya. Disamping itu tulang berdaging yang dikubur beberapa jam atau hari dapat juga menyebabkan lebih lunak dan mudah dimakan. Namun pada anjing peliharaan rumah sudah sangat jarang melakukan hal itu.
5.    Harimau
Tahukah anda kenapa warna bulu harimau loreng ?
Warna loreng pada bulu harimau merupakan bentuk alamiah dari gen sebagai kamuflase atau penyamaran saat berada di alam liar untuk menangsa/ mencari makanan. Habita harimau yang biasanya berada di hutan atau padang rumput ini menjadikan keuntungan warna loreng tersebut agar tidak terlihat oleh mangsanya dari kejauhan.
6.    Koala
Tahukah anda jika Koala merupakan hewan yang tidak pernah minum ?
Koala merupakan hewan yang di negara Australia dan tidak pernah minum air. Jika dilihat ciri-ciri koala hampir mirip dengan beruang akan tetapi ia tidak termasuk dalam jenis beruang tap termasuk dalam klas marsupial. Meskipun tidak meminum air, namun kebutuhan air dalam tubuhnya diperoleh dari daun eucalyptus yang dimakannya. Arti nama Koala itu sendiri adalah “binatang yang tidak minum”
Koala juga termasuk hewan yang memiliki waktu tidur cukup panjang yaitu sekitar 14 jam sehari. Koala lebih senang hidup di pohon karena dapat memegang dahan pohon dengan erat karena terdapat ruang luas antara dua jari dan ibu jari kakinya.
7.    Ular
Tahukah anda kalau ada ular yang berkacamata ?
Ular gurun ( Cerastes Vipera) merupakan ular yang berkacamata karena sering menyelam kedalam pasir dengan menggeliat atau mengoyang-goyangkan tubuhnya menyamping. Dengan cepat menggerakkan ekornya dari kiri ke kanan meliputi seluruh tubuhnya dalam tiga kali pelintir. Maka, tubuh ular tersebut akan terkubur sepenuhnya kedua matanya. Dengan cara ini ular gurun menanti kedatangan mangsanya yang tidak mengetahui keberaadaan dirinya.
Saat terkubur di pasir matanya tidak terganggu karena mata ular gurun memiliki “kacamata” luar yang terbuat dari sisik seperti kaca yang melindungi kedua matanya dari pasir gurun.
8.    Kadal  
Tahukah anda kadal apa yang senang menari ?
Kadal yang suka menari yaitu kadal bermoncong sekop yang berada di kawasan gurun pasir dan suka bergerak-gerak seperti menari. Hal itu dilakukan untuk mendinginkan ekor dan kakinya yang panas karena berada di gurun pasir. Maka dapat anda bayangkan dia akan menari setiap hari untuk mendinginkan kaki dan ekornya hehe.
Sebebnarnya masih banyak lagi yang ingin saya tulis tentang hewan unik dengan ciri-ciri mereka masing. Namun karena kecapean maka hanya sampai disini.
Hal penting disini yaitu inilah kesempurnaan ciptaan Tuhan. Setiap hewan dengan keunikanya berdasarkan cara hidup dan habitatnya, misalnya pada ular yang berkacamata, bisa dibayangkan jika tidak memiliki kacamata maka dia akan mati dengan badai pasir yang masuk kedalam matanya.

0 Response to "8 Jenis Hewan Unik di Sekitar Kita Dengan Ciri Khasnya Masing-Masing"

Post a Comment