6 Cara Simple Berhenti Merokok Berdasarkan Pengalaman (Efektif)

Cara berhenti merokok yang akan saya share kali ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Sebagai seorang yang pecandu rokok, berhenti merokok merupakan hal yang sangat-sangat sulit. Hal itu terlihat dari beberapa kali mencoba untuk berhenti merokok namun selalu gagal tapi dengan kemauan keras untuk berhenti semua itu pasti bisa, dimana ada kemauan pasti ada jalan untuk berhenti merokok.
Semua orang mengetahui dan menyadari dampak buruk dari rokok, bahkan sosialisasi dari dunia kesehatan juga gencar dilakukan. Namun, herannya kita masih tetap saja menghisap rokok setiap hari, mungkin itu yang dinamakan kecanduan rokok. Setiap orang yang berencana berhenti merokok memiliki alasan masing-masing, alasan saya berhenti merokok antara lain :
1.    Tidak baik untuk kesehatan
Terkait masalah kesehatan pasti semua orang mengetahui hal ini, merokok  dapat mengganggu kesehatan, terutama bagi saya yaitu gangguan pernapasan, perbedaan orang yang merokok dan tidak merokok mudah dilihat saat berolahraga bersama, perokok akan cepat lelah sedang yang tidak merokok akan terlihat lebih lama lelah.
2.    Mengganggu orang lain
Merokok di tempat umum juga dapat menganggu orang lain yang tidak nyaman dengan asap rokok, seorang pecandu rokok seperti saya akan sulit mengendalikan keinginan merokok di tempat umum. Bahkan saya sering merokok di angkot dan hal itu sudah pasti mengganggu para penumpang lainnya. Sebenarnya tidak ingin mengganggu orang lain namun keinginan yang tinggi untuk merokok selalu ada.
3.    Pemborosan keuangan
Pernah seorang teman mengatakan “merokok sama dengan membakar uang”. Saya sering diingatkan dengan istilah tersebut tapi tetap saja sulit untuk berhenti merokok. Saya pecandu rokok yang sehari bisa menghabiskan 1-3 bungkus rokok dengan harga sekitar Rp 15.000. per bungkus, sehari 15.000 x 3 = 45.000, sebulan 45.000 x 30 = 1.350.000 waoww, angka yang lumayan besar untuk harga kebutuhan rokok saya sebulan. Oleh karena itu, hal merupakan alasan saya untuk berhenti, banyak pengeluaran ditambah bonus penyakit hehe.
4.    Terlihat awet muda
Entah benar (ilmiah) atau tidak, saya sendiri awam masalah kesehatan. Saya sering melihat orang-orang yang tidak merokok terlihat lebih muda dari pada orang yang merokok. Mulai dari yang seumuran bahkan yang lebih tua. Ada orang yang lebih tua dari saya, tapi terus terang dia terlihat lebih muda dan dia tidak merokok. Nah, saya juga ingin terlihat lebih muda, makanya berhenti merokok dari sekarang hehe.
Tips Cara Berhenti Merokok yang Efektif
1.    Niat Bersungguh-sungguh
Segala sesuatu tindakan yang akan terasa mudah jika berawal dari niat yang bersungguh-sungguh. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mulailah berniat dalam hati untuk mulai berhenti merokok. Janganlah hanya asal berniat, tapi niat yangmemiliki kesungguhan hati dengan mengedepankan alasan-alasan yang mendorong kita berhenti merokok.
2.    Membuang rokok
Seteleh bersungguh-sungguh niat untuk berhenti merokok, segera buanglah rokok yang saat itu masih ada, misalnya di rumah, kantor atau meja kerja anda. Pengalaman saya, saya menghancurkan dengan cara mengunting batangan rokok yang waktu itu tersisa di rumah dan membuangnya ke tempat sampah dan satu lagi jangan pernah menyimpan pemantik api (korek apa) di saku atau tas kerja, sebab itu dapat memancing anda untuk kembali membakar batang rokok.

3.    Minta dukungan orang lain
Semakin banyak dukungan dari orang lain maka semakin menambah semangat kita untuk berhenti merokok. Hal ini saya lakukan dengan cara membuat status di media sosial dan dukungan dari teman, saudara bahkan orang-orang yang hanya kenal lewat medsos semuanya memberikan dukungan. Bahkan ada yang menantang kalau saya tidak mampu. Nah hal-hal semacam itu akan semakin menambah semangat dan keinginan untuk berhenti merokok.
Dengan mempublikasikan bahwa kita akan berhenti merokok maka teman-teman akan mengetahui hal itu sehingga mereka tidak lagi menawarkan rokok. Kadang kita akan terpengaruh saat diberikan sebatang rokok oleh orang lain, ya maklum saja orang tersebut mungkin belum tahu kalau kita telah berhenti, makanya beritahu ke orang-orang sekitar tentang niat berenti merokok. Tapi kadang ada saja teman yang sengaja memancing untuk merokok kembali, hal itu sering terjadi, tapi ingat semua itu hanyalah tantangan yang harus dihadapi dengan senyum.
4.    Sediakan permen untuk antisipasi
Sediakan permen untuk antisipasi jika anda sulit mengontrol keinginan untuk merokok. Tapi perlu digaris bawahi bahwa permen hanya untuk antisipasi saja. Jangan jadikan permen sebagai pengganti rokok, sebab bisa jadi anda berhenti merokok dan kecanduan akan permen hahaha.
5.    Jangan hindari orang perokok
Mungkin ada sebagian orang menyarankan untuk mengindari orang-orang yang merokok. Tapi bagi saya, lebih baik lagi jika kita jalani hidup seperti biasa bersama orang-orang perokok disekitar kita. Kenapa ? dengan begitu semakin terbiasa kita dengan rokok namun tidak lagi menghisap rokok. Menjauhi perokok sama saja dengan kita menjauhkan hubungan silaturahmi, jadikan teman dan saudara yang perokok sebagai tantangan bagi kita untuk tidak merokok lagi.
6.    Selalu Ingat Alasan Utama
Terakhir selalu ingat alasan utama anda sehingga berhenti merokok. Semua orang yang berhenti merokok memiliki alasan yang berbeda-beda dan yang pasti ada alasan yang sangat penting kenapa orang tersebut berhenti merokok.
Ingatlah selalu alasan utama anda berhenti merokok sampai anda benar-benar lupa tentang rokok dan tak pernah lagi merokok sebab cara berhenti merokok atas akan berhasil jika kita selalu konsisten dan bersungguh-sungguh berniat untuk berhenti merokok.

0 Response to "6 Cara Simple Berhenti Merokok Berdasarkan Pengalaman (Efektif)"

Post a Comment