Kerusakan Lingkungan Hidup yang Terus Terjadi Saat Ini

Kerusakan lingkungan hidup yang terus terjadi saat ini secara langsung dapat menyebabkan terganggunya kehidupan manusia, sebab manusia sangat bergantung pada lingkungan hidup itu sendiri. Kebanyakan orang menyadari akan hal itu, namun kadang karena desakan kebutuhan hidup sehingga menyebabkan sebagian manusia tak menghiraukan masalah kerusakan lingkungan hidup tersebut.
Masalah lingkungan hidup yang masih sering terjadi saat
1.    Membuang Sampah Tidak pada Tempatnya
Masalah lingkungan tentang sampah sengaja kami jadikan yang pertama karena hal inilah yang selalu terlihat dimana saja kita berada. Sangat memperihatinkan kesadaran masyarakat untuk melakukan hal-hal sederhana ini demi menjaga lingkungan sekitar agar tetap optimal.

Kerusakan Lingkungan Hidup yang Terus Terjadi Saat Ini
Sampah-sampah berserakan dijalan, bahkan di jalan-jalan utama perkotaan di Indonesia, pada pagi harinya petugas kebersihan membersihkan sampah-sampah di jalan, siang harinya sampah-sampah kembali terlihat sebagai pemandangan yang mencerminkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.
Para penumpang atau sopir kendaaraan bermotor seenaknya saja membuang sampah di jalan. Bukan hanya itu saja, di lingkungan pemukiman masyarakat juga sangat terlihat kurangnya kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya, padahal pihak pemerintah telah menyiapkan TPS ( Tempat Pembuangan Sampah Sementara) hampir disetiap lokasi-lokasi yang strategis.
Akibat tidak membuang sampah pada tempatnya yang dilakukan oleh kebanyakan orang maka wajarlah kalau Indonesia sering mengalami musibah banjir hampir disetiap daerah, selokan-selokan yang hanya berfungsi untuk mengalirkan air atau irigasi kini bercampur dengan sampah-sampah yang menyebabkan tersumbatnya saluran-saluran pembuangan sehingga air pun meluap dan banjir pun tak dapat dihindari.
2.    Kerusakan Hutan (Deforestasi)
Kerusakan hutan merupakan masalah lingkungan hidup yang masih terus terjadi sampai sekarang. Orang-orang melakukan pembalakan liar atau penebangan liar yang sering kita dengar dengan istilah illegal logging. Sebagian besar para pengusaha dan pekerja kayu melakukan penebangan secara terus menerus tanpa melakukan penanaman kembali atau rehabilitasi lahan dan hutan.
Padahal pemerintah terus mensosialisasikan tentang menjaga hutan demi generasi berikutnya atau anak cucu kita. Anjuran untuk melakukan pembudidayaan tanaman hutan pun banyak tak melakukan. Hingga saat ini masalah kerusakan hutan terus terjadi dan bahkan bisa dikatakan semakin meningkat. Ditambah lagi masalah kebakaran hutan yang sering terjadi saat ini. Kebakaran hutan yang kami maksudkan disini adalah kebakaran hutan yang terjadi akibat ulah manusia atau campur tangan manusia karena kebakaran hutan itu sendiri juga dapat terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia.
3.    Perburuan liar
Perbuaruan liar adalah tindakan mengambil satwa secara ilegal atau bertentangan dengan peraturan konservasi. Perburuan yang kami tekankan disini yaitu para pemburu yang berburu di kawasan konservasi alam. Fungsi kawasan konservasi sebagai tempat pelestarian tumbuhan dan satwa, lebih khusus lagi satwa-satwa endemik suatu daerah tersebut malah di buru oleh masyarakat daerah setempat. Endemik adalah satwa yang hanya terdapat pada suatu daerah tertentu yang tidak terdapat di daerah lain.
Memang pada dasarnya berburu itu adalah hal yang wajar dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Namun, berburu secara ilegal pada kawasan-kawasan koservasi merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan.
Itulah 3 masalah lingkungan yang masih sering terjadi sampai saat ini, jika ada tanggapan atau tambahan dari anda sekalian, silahkan langsung saja di kolom komentar dibawah, terima kasih.


EmoticonEmoticon