Apa itu MENULIS ?

Apa itu menulis/Pengertian Menulis ? Ini adalah pertanyaan sederhana yang patut untuk dijawab karena semua orang pasti pernah menulis baik orang yang pernah berada di bangku pendidikan maupun orang yang mungkin tidak pernah mengenjang pedidikan sekalipun. Apalagi seorang blogger (orang yang mengelola blog) pasti hampir selalu menulis, seperti saya yang selalu menulis di blog sederhana ini hehe.

Pengertian menulis
1.    Menulis adalah suatu kegiatan menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan
2.    Menulis merupakan salah satu cara untuk melegakan perasaan dan juga sebagai pengungkapan diri.
Contoh :
menulis status facebook atau sosial media lainnya, dengan menulis di sosial media (SOSMED) mungkin orang akan sedikit melegakan perasaan karena unek-unek mereka telah dituangkan melalui tulisan sebagai bentuk pengungkapan diri.
3.    Menulis adalah tindak lanjut dari mengarang karena memiliki tujuan tertentu. Oleh sebab itu, menulis dan mengarang merupakan dua hal yang saling mendukung bila seseorang bertujuan untuk menerbitkan karangannya.
4.    Menulis membutuhkan ketekunan, kesabaran dan keahlian berkata-kata agar apa yang ditulisnya mudah dipahami oleh orang lain atau orang yang menjadi tujuan seorang penulis.
5.    Menulis adalah sebuah eksotisme, membantu menahan derita, menanggulangi masalah dan bahkan membuatnya menjadi indah.
Seperti yang tertulis diatas perbedaan menulis dan mengarang  adalah menulis memiliki tujuan untuk diterbitkan, memiliki konsentrasi yang tinggi dan pemahaman kata-kata yang baik dalam penyampaian sedangkan mengarang tidak memiliki tujuan untuk diterbitkan, kata-katanya bebas asal tidak bersifat negatif. Namun mengarang dan menulis juga memilki persamaan yaitu semuanya menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan.


EmoticonEmoticon