Pengertian Keanekaragaman Jenis Sumber Daya Alam

Keanekaragaman jenis adalah ukuran yang menyatakan variasi jenis tumbuhan dari suatu komunitas yang dipengaruhi oleh jumlah jenis dan kelimpahan relatif dari masing-masing jenis. Didaerah tropika basah memiliki keanekaragaman jenis-jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan yang tinggi, karena pada daerah ini memiliki iklim dan kondisi geografis khusus yaitu adanya musim kemarau dan musim penghujan, namun jumlah individu tiap jenisnya rendah (Haryanto 1983).

Jumlah jenis disuatu daerah ditentukan oleh kecepatan kepunahan jenis dan kecepatan imigrasi  atau masuknya jenis kedalam daerah tersebut. Pengamatan kita menunjukkan jumlah poho jenis tertentu per hektar tidaklah banyak. Karena itu dalam hutan yang besar jumlah jenisnya, terdapat rata-rata jumlah individu yang rendah pada masing-masing jenis, (Soemarwoto 1997)
Menurut Michael (1996) komunitas yang mengalami situasi lingkungan yang keras cenderung terdiri atas sejumlah kecil jenis yang berlimpah. Dalam lingkungan yang lunak, jumlah jenis besar, namun tidak satupun yang berlimpah. Keragaman jenis dapat diambil untuk menandai jumlah jenis dalam suatu daerah tertentu atau sebagai jumlah jenis yang ada. Jumlah jenis dalam suatu komunitas sangat penting dari segi ekologi karena keragaman jenis tampaknya bertambah bila komunitas menjadi semakin stabil. Gangguan yang parah menyebabkan penurunan yang nyata dalam keragaman. Keragaman yang besar juga mencirikan ketersediaan sejumlah besar ceruk.
Alikodra (1990) mengemukakan bahwa keanekaragaman jenis dapat ditemukan pada keanekaragaman hayati, yaitu merupakan ungkapan pernyataan terdapatnya berbagai macam variasi bentuk, penampilan, jumlah dan sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan persekutuan makhluk yaitu tingkatan ekosistem, tingkatan jenis dan tingkatan genetika.
Keanekaragaman sumber daya hayati Indonesia termasuk dalam golongan tertinggi di dunia, jauh lebih tinggi dari pada Amerika dan Afrika tropis, apalagi bila dibandingkan dengan daerah beriklim sedang dan dingin. Jenis tumbuh-tumbuhan di Indonesia secara keseluruhan ditaksir 25.000 jenis, dan 40 % dari jenis-jenis tersebut merupakan jenis endamik atau jenis yang hanya terdapat di Indonesia dan tidak dijumpai didaerah lain didunia (Resosoedarmo 1989).


EmoticonEmoticon