Pengertian Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup

Terdapat banyak istilah dan pengertian yang terdapat jika kita berbicara tentang lingkungan hidup. Salah satunya yaitu istilah Daya Dukung Lingkungan Hidup dan Daya Tampung Lingkungan Hidup. Hal ini perlu kita pelajari dan pahami agar jangan sampai kita khilaf dalam menempatkan istilah-istilah yang ada.

Berikut ini adalah pengertian Daya Dukung Lingkungan Hidup dan Daya Tampung Lingkungan Hidup berdasarkan UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP.
Daya Dukung Lingkungan Hidup
Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia, makhluk hidup lain, dan keseimbangan antarkeduanya.
Daya Tampung Lingkungan Hidup
Daya tampung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi, dan/atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan ke dalamnya.
Perbedaan Daya Dukung Lingkungan Hidup Dan Daya Tampung Lingkungan Hidup
Daya dukung lingkungan kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan sedangkan daya tampung kemampuan lingkungan hidup untuk menyerap zat, energi dan atau komponen lain. Daya dukung lingkungan hidup terbagi menjadi 2 komponen, yaitu kapasitas penyediaan (supportive capacity) dan kapasitas tampung limbah (assimilative capacity).
Kesesuaian lahan berhubungan dengan daya dukung lingkungan karena ketika suatu lahan digunakan untuk pemanfaatan lahan tertentu maka perlu diketahui apakah daya dukung lingkungan sekitar dapat mendukung pemanfaatan lahan tersebut.
Lahan dikatakan sesuai atau tidak ketika akan dilakukan pemanfaatan lebih lanjut, maka digunakan mutu baku lingkungan untuk menilai bahwa apakah lingkungan telah rusak atau tercemar. Nilai ambang batas terbagi menjadi batas tertinggi dan terendah dari kandungan zat-zat, mahluk hidup atau komponen-komponen lain dalam setiap interaksi yang berkenaan dengan lingkungan khususnya yang mempengaruhi mutu lingkungan. Dapat dikatakan lingkungan tercemar apabila kondisi lingkungan telah melewati ambang batas (batas maksimum dan batas minimum) yang telah ditetapkan berdasarkan baku mutu lingkungan.


EmoticonEmoticon