Media Tumbuh Tanaman pada Penelitian

Tanah
Tanah adalah suatu benda alami heterogen yang terdiri atas komponen-komponen padat, cair, dan gas yang mempunyai sifat fisik yang dinamik. Benda alami ini terbentuk oleh hasil kerja interaksi antara iklim, jasad hidup terhadap bahan induk yang di pengaruhi oleh tempat terbentuknya. Sebagai sumber daya alam untuk pertanian, tanah mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai matriks tempat akar tumbuh berjangkar dan air tanah tersimpan, dan sebagai sumber unsur hara bagi tanaman (Arsyad, 2010).

Media tumbuh  tanaman pada penelitian
Di dalam tanah terdapat komponen-komponen sebagai berikut :
1.    Mineral : Misalnya kalsium, ferum, magnesium
2.    Zat organik : misalnya karbohidrat, protein dari sisa-sisa tumbuhan atau hewan yang mati, yang dapat terurai menjadi bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan.
3.    Air dan zat-zat yang larut di dalamnya.
4.    Udara misalnya Oksigen, karbon dioksida
5.    Organisme, misalnya cacing, bakteri, yang berperan di dalam proses pembusukan sehingga menghasilkan unsur-unsur yang diperlukan tumbuhan.
Agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik maka ke dalam media tanah tersebut diberikan pupuk atau unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan tersebut.
Pasir
Pasir cukup memadai dan sesuai jika digunakan sebagai media untuk penyemaian benih, pertumbuhan bibit tanaman. Sifatnya yang cepat kering akan memudahkan proses pengangkatan bibit tanaman yang dianggap sudah cukup umur untuk dipindahkan ke media lain. Sementara bobot pasir yang cukup berat akan mempermudah tegaknya bibt tanaman. Selain itu, keunggulan media tanam pasir adalah kemudahan dalam penggunaan dan dapat meningkatkan sistem aerasi media tanam.
Pupuk Kandang (Kotoran Ayam)
Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan (ayam). Penggunaan pupuk kandang memberikan manfaat antara lain :
1.    Dapat menambah tersediaanya bahan makanan (unsur hara ) bagi tanaman yang dapat di serapnya dari dalam tanah.
2.    Pupuk kandang mempunyai pengaruh yang baik terhadap sifat fisis dan kimiawi tanah, mendorong kehidupan jasad renik.
3.    Pupuk kandang mempunyai kemampuan mengubah berbagai faktor dalam tanah, sehingga menjadi faktor-faktor yang menjamin kesuburan tanah (Sutedjo, 2010).


EmoticonEmoticon