Pengertian Vegetasi Menurut Ahli

Dalam mempelajari tentang ilmu kehutanan dan pertanian kita selalu mendengar dan menyebut kata vegetasi dan pemahaman sekilas kita vegetasi adalah tumbuhan. Namun lebih jelas vegetasi memiliki pengertian yang luas menurut para ahli yang wajib kita ketahui sehingga semakin menambah pengetahuan kita tentang apa itu vegetasi, mari kita simak pengertian vegetasi menurut para ahli sebagai berikut :
1.    Menurut Polunin (1960)
Vegetasi adalah susunan dari spesies tumbuh-tumbuhan dan unit lain yang berbeda dari berbagai kelompok yang berbeda-beda yang tumbuh bersama-sama di alam.
2.    Menurut marsono (1977)
Vegetasi adalah kumpulan tumbuhan-tumbuhan yang biasanya terdiri dari berbagai jenis yang hidup bersama-sama disuatu tempat dan diantaranya individu-individu tersebut terdapat interaksi yang erat baik antara tumbuh-tumbuhan itu sendiri maupun faktor lingkungannya.
3.    Menurut Barbour dan Pitts (1980)
Vegetasi adalah susunan semua jenis tumbuhan disuatu wilayah dan hubungannya dengan pola sebaran jenis baik secara parsial maupun temporal.
4.    Menurut Soetikno (1990)
Vegetasi menggambarkan perpaduan berbagai jenis tumbuhan disuatu wilayah atau daerah. Suatu tipe vegetasi menggambarkan suatu daera dari segi penyebaran tumbuhan yang ada baik secara ruang maupun waktu. Suatu tipe vegetasi kadangkala dibagi lagi menjadi beberapa komunitas yang predominan disebut sosiasi yaitu sekumpulan beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh bersama-sama disuatu lingkungan.
Kesimpulan :
Dari penjelasan empat para ahli diatas dapat kita simpulkan bahwa Vegetasi adalah sekumpulan tumbuhan atau tanaman sejenis atau banyak jenis yang tumbuh bersama-sama dalam suatu wilayah atau areal dan melakukan hubungan interaksi didalamnya.
Berbicara tentang Vegetasi, pasti akan mengarah ke Analisis Vegetasi. Silahkan lihat juga Pengertian Analisis  Vegetasi


EmoticonEmoticon