Komitmen (Kof Mit Mengenang Negeri)

Suatu bentuk manifestasi dalam narasi perjalanan hidup Matapia Sua (orang Kepulauan Sula) di tanah rantau yang dijabarkan lewat tegukan secangkir Kopi Hitam (koff mit).Komitmen, sebuah istilah yang lahir dari gagasan seorang sosok pembina HPMS (Himpunan Pelajar Mahasiswa Sula)  Cabang Sulawesi Utara yang sering di sapa Abang Jun. Beragam cerita tawa, canda sampai keseriusan hadir dalam beragam irama silaturahmi kalangan perantau bia hai Sua (dari Kepulauan Sula ) . Kopi hitam selalu menjadi simbol harmonis di setiap pertemuan anamehi Sua (anak-anak Sula) yang sebagian besar di dominasi oleh kalangan Mahasiswa hingga Alumni di dunia perguruan tinggi yang berada di Sulawesi Utara. Negeri Nyiur Melambai menjadi tanah tumpuan dalam mengarungi dunia intelektual sebagai langkah - langkah subtansi pembangunan hai Sua kedepan.


Kopi hitam yang selalu menghiasi gelas – gelas kecil setiap pertemuan Matapia Sua di negeri Nyiur Melambai yang menurut sebagian teman-teman sebagai pemicu ide dan gagasan dalam mengurai kata dan makna setiap dinamika realita yang mewadahi nilai-nilai implementasi gerakan setiap multi teori yang dituangkan sebagai bentuk tindakan- tindakan nyata. Pola pengembangan eksistensi dalam mengenang negeri Sula tercinta melalui pertemuan-pertemuan yang melahirkan kemajemukan ide-ide konstruktif dalam menyikapi hidup dan kehidupan individu. Waktu terasa singkat dikala tuturan cerita mengalir dalam ruang dan waktu sembari dihiasi tawa canda dan wacana kritis, serius dan santai mungkin itu kata yang tepat dalam menjelaskan hal itu.

Semoga hal-hal ini selalu ada dalam generasi-generasi berikut, totalitas puji syukur kepada sang Khalik yang senantiasa memberikan anugerah ini. Sederhana namun bermakna dalam rangkulan persaudaraan di tanah rantau, suasana pertemuan seketika membuat kita melupakan segala bentuk rutinitas kita sejenak. Pikiran yang terungkap cenderung  mengarah pada negeri tercinta Hai Sua dalam mengobati rasa rindu yang selalu ada. Inilah sedikit coretan tinta dalam ungkapan rasa syukur semoga kita semua menjadi yang terbaik dalam membangun bangsa dan negara khusunya Hai Sua sebagai tanah para leluhur.

(Baca Juga Artikel Menarik : Mari Berbicara TAUHID)


EmoticonEmoticon