Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Simplenote: Aplikasi Penyimpan Catatan Android yang Paling Mudah

Jika Anda berprofesi sebagai seorang penulis, maka aplikasi Simplenote layak dimiliki. Pasalnya, software ini bisa dijadikan sebagai penyiman catatan yang paling mudah dibandingkan menggunakan aplikasi yang lain. 

Sekalipun software Simplenote sangat bagus, ternyata masih belum banyak pengguna android yang mengenalnya. Sehingga, mereka salah memilih aplikasi yang justru membuat hasrat untuk menulis semakin berkurang. 

Karena alasan tersebut, maka di bawah ini akan dijelaskan tentang software Simplenote secara lengkap. Tujuannya supaya Anda lebih mengenal aplikasi ini sekaligus lebih termotivasi untuk terus menggunakannya. Ini dia ulasan selengkapnya:

Apa itu Aplikasi Simplenote?



Aplikasi Simplenote merupakan software pencatat android yang dirilis oleh perusahaan pengembang yang bernama Automatic. Ini merupakan perangkat lunak terbaru yang dianggap bakal menjadi pesaing aplikasi pencatat jadul sekelas Evernote dan Google Keep. 

Software ini cocok untuk penulis yang ingin menulis cepat dan catatan yang ditulisnya tidak gampang hilang. Pasalnya, sekalipun Anda masih belum menyimpan tulisan, aplikasi akan menyimpannya secara otomatis. 

Software Simplenote juga bagus jika digunakan oleh para penulis naskah-naskah singkat. Seperti menulis puisi, quotes, syair lagu dan sejenisnya. Dijamin, karya yang Anda buat akan terketik dengan rapi sekaligus Anda bisa mengeditnya supaya karya terlihat lebih menarik. 

Kelebihan dari Aplikasi Simplenote



Ada banyak kelebihan aplikasi Simplenote yang tidak diketahui oleh pengguna android di Indonesia. Padahal, andai kelebihan ini diketahui, tentu sebagian besar netizen akan menggunakannya ketika akan mencatat moment berharga. 

Nah, di bawah ini ada beberapa list kelebihan Simplenote yang membuat aplikasi ini layak digunakan. Ini dia kelebihan-kelebihan yang dimaksud:

1. Aplikasi Mudah Digunakan

Kelebihan yang pertama adalah aplikasi Simplenote mudah digunakan. Anda tinggal mengunduh di Play Store lalu instal seperti biasa. Jika aplikasi sudah terpasang, silakan buka untuk mulai mencatat. 

Developer atau pengembang tidak banyak memasang fitur. Bahkan, pada tampilan awal, Anda sudah bisa menemukan jendela kosong tempat mengetik catatan. Tentunya konsep semacam ini tidak menyulitkan Anda yang ingin segera mencatat. 

2. Catatan Bisa Dijadikan Konten Website

Selain merilis software Simplenote, perusahaan Automatic juga merilis platform situs yang cukup terkenal yaitu Wordpress. Uniknya, kedua perangkat ini sudah disinkronkan sehingga Anda tidak perlu lagi mengetik artikel di situs melainkan via aplikasi Simplenote saja. 

Jika tulisan di Simplenote sudah selesai, maka Anda tinggal membagikannya (shared) ke blog pribadi agar dibaca oleh banyak orang. Teknik pengiriman tulisan sangat mudah karena pihak pengembang sudah meletakkan fitur Shared atau Kirim di dalam aplikasi. 

3. Ada Fitur Tautan Publik

Di dalam aplikasi Simplenote juga tersedia fitur Tautan Publik. Fungsinya ialah untuk mengirimkan hasil tulisan ke media sosial seperti Facebook, Twiter, Instagram dan WhatsApp. 

Dengan adanya fitur ini, tulisan Anda bisa dibaca banyak orang. Tidak hanya mereka yang menjadi tamu di blog wordpress saja tetapi teman-teman Anda yang hanya memiliki media sosial juga bisa membacanya. 

4. Bisa Digunakan untuk Catatan yang Panjang

Jika sebagian besar aplikasi pencatatan android dibuat hanya untuk tulisan-tulisan pendek, maka aplikasi Simplenote justru sebaliknya. Anda bisa menulis catatan panjang lalu simpan di aplikasi ini setelah sebelumnya disebarkan ke ruang publik. 

Maka dari itu, banyak pengarang novel yang menggunakan aplikasi simplenote untuk membuat karya. Dijamin, penulisan lebih mudah serta karya tidak akan hilang sekalipun ponsel mati pada saat Anda belum menekan fitur Save. 

Kekurangan Aplikasi Simplenote

Selain memiliki kelebihan-kelebihan software Simplenote ternyata juga memiliki kekurangan-kekurangan. Ini merupakan hal yang wajar, karena yang namanya buatan manusia pasti tidak akan sempurna. 

Nah, di bawah ini akan dijelaskan kekurangan-kekurangan tersebut yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum mengunduh aplikasi. Jika informasi yang Anda terima sudah lengkap, maka selanjutnya terserah Anda apakah melanjutkan download atau tidak. Ini kekurangan-kekurangan yang dimaksud:

1. Tidak Bisa Mengunggah Gambar

Kekurangan simplenote yang pertama ialah tidak bisa mengunggah gambar. Sehingga Anda cukup memasukkan teks naskah saja ke dalam aplikasi. 

Sekalipun terbilang sederhana, tetapi kekurangan ini cukup mengganggu. Pasalnya, tampilan teks terlihat monoton dan membosankan disebabkan tidak adanya gambar yang menarik di dalamnya. 

Tentu ini adalah kekurangan yang patut disesalkan. Apalagi sang pengembang merupakan perintis lahirnya platform wordpress yang seharusnya bisa menyematkan fitur penting ini ke dalam aplikasi yang dibuatnya. 

2. Tidak Bisa Menyimpan File Suara

Saat ini, menulis tidak lagi menggunakan kertas dan pena melainkan memakai suara. Artinya, Anda cukup mengucapkan apa yang akan dituliskan, maka ucapan tersebut akan muncul di layar dalam bentuk ketikan naskah. 

Sayangnya, Simplenote masih belum merilis fitur untuk menyimpan suara. Sehingga bisa dipastikan, kalau teknik penulisan di atas tidak bisa digunakan. Ini juga kekurangan simplenote yang sangat mengganggu. 

3. Fitur Dasar Kepenulisan Tidak Lengkap

Kekurangan yang berikutnya adalah fitur dasar kepenulisan tidak lengkap. Termasuk tidak adanya fitur Heading dan fitur pengaturan huruf seperti Bold dan Italic. 

Oleh sebab itu, jika Anda tidak membuat heading sendiri, bisa dipastikan tulisan tidak rapi. Ini tentunya cukup mengganggu terutama untuk tulisan yang panjang. Salah satunya motivasi Anda untuk menulis akan menurun dikarenakan tampilan naskah yang kurang memuaskan. 

4. Tidak adanya Fitur Undo dan Redo 

Jika Anda ingin menulis naskah yang panjang seperti novel, sepertinya aplikasi simplenote masih kurang layak untuk digunakan. Sebab, jika Anda menggunakan aplikasi yang gratisan, maka tidak akan ditemukan fitur Undo dan Redo di dalamnya. 

Dikhawatirkan setelah menulis panjang ternyata ada kata yang terhapus secara tidak sengaja. Anda tidak bisa mengembalikannya karena tidak ada dua fitur di atas. Yang bisa Anda lakukan hanya menulis ulang kalimat tersebut. 

Aplikasi Simplenote, Software Pencatat Android Terbaik



Sekalipun memiliki beberapa kekurangan, aplikasi simplenote masih layak disebut aplikasi pencatat android terbaik tahun ini. Salah satu alasannya ialah Anda bisa menggunakan software secara gratis. 

Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa update aplikasi ke mode premium. Tentunya Anda harus mempersiapkan budget bulanan dengan nominal yang cukup mahal. 

Alasan berikutnya ialah, ukuran kapasitas aplikasi sangat ringan. Sehingga Anda bisa memakainya sekalipun perangkat yang digunakan ber-spesifikasi rendah. Jangan khawatir, smartphone akan lag atau hank karenanya. 

Jadi, tunggu apalagi, silakan gunakan aplikasi ini sekarang juga. Terutama bagi Anda yang memang hobi menulis di ponsel. Jangan lupa untuk menyebarkan hasil tulisan kepada publik supaya inspirasi yang Anda tuliskan bisa dibaca semua orang. 

Ini dia ulasan (review) lengkap tentang aplikasi Simplenote yang saat ini sedang viral. Bahkan, banyak pengguna yang menyatakan kalau software pencatat android ini layak dimasukkan sebagai aplikasi terbaik tahun 2021. Semoga apa yang sudah dijelaskan bisa menjadi informasi yang berguna. 








Posting Komentar untuk " Aplikasi Simplenote: Aplikasi Penyimpan Catatan Android yang Paling Mudah "