Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

Tidak bisa dipungkiri jika komputer mempunyai manfaat untuk kehidupan sehari - hari manusia terutama untuk mereka yang bekerja menggunakan teknologi. Namun ada kalanya mereka pun mengalami permasalahan sehingga komputer tidak bisa masuk Windows. 

Pada saat kita booting di komputer, kemudian tidak masuk windows biasanya ditandai oleh komputer loading di logo windows.



Ada lagi gejalanya pada saat dinyalakan kemudian komputer tidak bisa masuk windows restart terus, sampai kita akhirnya kesal.

Tapi saya pernah menemui, komputer tidak bisa masuk windows dan safe mode dan akhirnya saya melambaikan bendera putih dan membawanya ke service center.



Penyebab Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

1. Mungkin karena kerusakan pada hardware perangkat tersebut
2. Windows yang mengalami corrupt pada programnya
3. Komputer terkena virus
4. Sofware yang tidak kompatible dengan versi windows atau hardware
  
Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows
    (sumber : pexels.com)

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows


Adapun cara mengatasi permasalahan tersebut antara lain :



Komputer Tidak Bisa Masuk Windows Karena File Windows Corrupt

Jika permasalahan yang dihadapi adalah file windows corrupt maka yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya ialah sebagai berikut ini:
Masuklah ke BIOS
Cara melakukannya dengan menekan atau klik tombol sesuai dengan perintah yang berada pada tampilan komputer Anda saat pertama kali menyela agar bisa memasuki mode BIOS.
Mengubah pilihan boot utama menjadi DVD Room atau Flashdisk
Cara kedua ini bergantung pada keinginan Anda untuk memperbaiki atau mengatasi masalahnya menggunakan file windows melalui Flashdisk / CD / DVD. Setelah melakukannya maka segera restart ulang komputer Anda.
Jika langkah yang dilakukan sesuai dan tepat maka akan muncul pemberitahuan atau tampilan mengenai “press any key to boot from…”. 
Kemudian Anda bisa menekan sembarang tombol yang tersedia di keyboard.
Jika telah berhasil memasuki mode booting atau berhasil memasukinya maka tekan menu “repair your computer”
Lanjutkan proses repair computer dan menunggu hingga proses repair tersebut selesai.
Kemudian komputer restart sendiri sesuai dengan repair komputer karena telah berhasil memperbaikinya.



Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Masuk Windows

(sumber : pexels.com)


Komputer Tidak Bisa Masuk Windows Karena Kerusakan Pada Hardware

Namun berbeda halnya jika komputer Anda gagal melakukan booting jika permasalahan yang dihadapinya terletak pada hardware. Tips dan trik komputer yang disarankan sebelumnya tidak akan berhasil.

Jika yang menyebabkannya adalah hardware maka coba periksakan pada counter perbaikan komputer apakah hardware tersebut bermasalah atau tidak. Hardware merupakan perangkat keras pada komputer yang menjadi komponen komputer yang terlihat secara fisik sekaligus bisa disentuh. Jadi nampak dengan jelas bagaimana rupa dan bentuknya. Hardware tersebut meliputi perangkat input atau perangkat masukan (perangkat yang digunakan untuk memasukkan instruksi dari user atau pengguna komputer), perangkat pemrosesan dan perangkat keluaran atau output. Nah dari situlah Anda bisa membawanya kepada yang lebih ahli untuk mengetahui permasalahan lebih jelasnya.

Jika memang mengalami masalah maka perlu melakukan penggantian hardware baik berupa VGA, memory atau hardisk. Karena ini merupakan satu - satunya jalan keluar yang bisa dilakukan dengan mengganti komponen komputer Anda pada bagian hardware atau perangkat kerasnya komputer.


Komputer Tidak Bisa Masuk Windows Karena Terjangkit Virus


Untuk masalah ini, agaknya kita perlu menggunakan anti virus terupdate. Gunakan anti virus yang anda anggap bagus, kemudian scan semua file di komputer anda.

Jika virus masih bandel, anda bisa melakukan instal ulang. Jangan lupa back up file yang penting bagi anda.


Komputer Tidak Bisa Masuk Windows Karena Software Tidak Kompatible


Pada saat melakukan instalasi software, sebelumnya kita harus melakukan back up terebih dahulu. Sehingga jika terjadi hal ini, anda dapat melakukan restore dari safe mode dan dikembalikan pada saat sebelum menginstal aplikasi.

Ini lah pentingnya melakukan back up komputer.


Demikian tips untuk mengatasi permasalahan komputer utamanya untuk komputer tidak mau menyala dan memasuki Windows.ui, komputer tidak bisa masuk windows dan safe mode dan akhirnya saya melambaikan bendera putih.