Trik Tombol Pintasan Microsoft Word yang Memudahkan Pekerjaan Anda

www.atobasahona.com - Microsoft word banyak menjadi pilihan program untuk penulisan baik surat, dokumen, makalah, skripsi, dan sebagainnya. Microsoft word sendiri memiliki banyak sekali feature yang membantu anda untuk mengelola penulisan mulai dari pemilihan jenis huruf, ukuran huruf, format penulisan, kemudahan memasukan catatan perut maupun catatan kaki, hingga pencetakan dokumen. Karena banyaknya feature, seseorang akan cenderung malas menghafalkan berbagai jalan pintas yang sebenarnya memudahkan pekerjaan yang mengefisienkan waktu.


Tabel Tombol Pintasan Microsoft Word


Banyak orang akan menghabiskan waktu mencari alat dan pengaturan yang dibutuhkan untuk mengatur tulisannya. Dengan mencari secara manual, jelas waktu yang dibutuhkan akan semakin banyak yang terbuang. Oleh karena itu, akan lebih baik bila anda setidaknya menghafal tombol pintasan yang sangat berguna mempercepat proses pengerjaan dokumen anda. Tombol pintasan atau shortcut merupakan perpaduan beberapa tombol adalah tips dan trik microsoft word yang bisa anda aplikasikan. Baca Juga: Cara Cepat Mengganti Semua Kata Tertentu di Microsoft Word

1. Memperkecil ukuran font 1 point
Menu ini berguna untuk mengecilkan ukuran huruf selama satu angka dari yang tertera. Mode ini bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran seluruh huruf dalam dokumen, maupun kalimat atau paragraf tertentu yang diseleksi. Untuk menggunakan pintasan ini, anda tinggal menekan tombol Ctrl+[

2. Memperbesar ukuran font 1 point
Fungsi ini merupakan kebalikan dari pintasan di atas. Dengan menekan Ctrl+] anda bisa memperbesar ukuran huruf sebagian kalimat maupun seluruh dokumen. Fungsi ini berguna untuk menyesuaikan ukuran huruf agar sesuai dengan yang dibutuhkan. Secara manual, anda bisa mengubah angka yang berada di panel jenis huruf, dan mengubah angka sesuai yang anda inginkan.

3. Menengahkan teks
Fungsi ini berguna untuk untuk membuat paragraf berada di bagian tengah dari halaman. Untuk mengakses menu ini secara manual, anda harus terlebih dahulu masuk ke menu format, lalu memilih paragraf untuk menemukan pilihan menengahkan teks. Namun anda bisa menggunakan pintasan Ctrl+E untuk langsung menengahkan teks yang anda inginkan.

4. Meratakan teks ke kiri
Rata kiri merupakan pengaturan dasar dari microsoft word saat anda membuat dokumen. Namun dalam kasus tertentu, misalnya saja tulisan telah anda ubah ke rata kanan atau ke tengah, anda bisa mengembalikan formatnya dengan menggunakan pintasan Ctrl+L. Secara manual pengaturan ini berada di menu Format, paragraf.

5. Meratakan teks ke kanan
Rata kanan dibutuhkan dalam kasus tertentu untuk memisahkan antara paragraf utama dengan kutipan misal nya. Fungsi pengaturannya secara manual juga berada di menu Format, paragraf. Pintasan menu ini dapat diakses melalui pintasan Ctrl+R

6. Pengaturan Bahasa Ejaan
Tidak semua Microsoft word menggunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Menu pemeriksaan ejaan, atau melihat penggubahan pada dokumen bisa dilakukan melalui  tab  tinjau. Namun pilihan ini lebih mudah diakses melalui Alt+R. Mode ini sangat membantu dalam mengedit tulisan dan memudahkan menemukan kesalahan penulisan sesuai bahasa yang digunakan.

7. Pengaturan Tata Letak
Dalam mencetak dokumen dibutuhkan ukuran yang sesuai dengan kertas yang dipakai untuk mencetak. Selain itu, pengaturan mengenai  batas tepi dan berbagai hal terkait teknis halaman yang akan dicetak dapat diatur melalui tata letak. Menu tata letak berada di bagian Tab,sementara pintasan menu ini bisa dengan menekan Alt+P. Di dalam menu ini anda bisa mengatur tatanan halaman sesuai hasil cetak yang anda inginkan.

8. Pencari Kata. Ctrl+F
Jika anda ingin mencari sebuah kata atau mengubah kata tertentu, anda bisa mengakses tombol navigasi. Menu ini akan memunculkan kolom yang dapat anda isi dengan kata atau kalimat yang ingin anda ubah. Menu pencarian ini akan menghemat waktu anda ketika melakukan proses pengeditan dokumen. Pintasan untuk membuka kolom navigasi dapat anda lakukan dengan menekan Ctrl + F. Tips dan trik Microsoft Word ini bisa menjadi solusi yang memudahkan pengerjaan seorang editor atau untuk anda yang dihadapkan pada dokumen yang sangat banyak.

9. Menandai entri daftar isi. Alt+Shift+O
DAftar isi merupakan panduan mengenai isi dari sebuah dokumen, artikel, maupun tulisan ilmiah. Sementara menu ini sendiri cukup rumit bila harus memberi nomor satu persatu. Anda harus melihat di halaman berapa saja sub judul yang anda masukan berada. Cara termudah yang bisa anda lakukan adalah dengan menekan tombol ALT+Shift+O untuk memberikan tanda bahwa halaman yang anda pilih termasuk halaman yang ingin anda masukan ke dalam daftar isi. Hal ini tentu akan sangat membantu anda dalam menyusun daftar isi artikel atau tulisan anda.

10. Pengaturan huruf
Anda tentu sering mengubah jenis huruf untuk berbagai keperluan, atau sekadar untuk menyamakan semua huruf dalam tulisan anda. Pengaturan huruf ini dapat anda akses melalui tombol Ctrl+D ataupun di dalam menu format. Font atau huruf yang tersedia di program Microsoft Word cukup banyak dan bisa anda tambah sesuai dengan keinginan anda.

11. Penyimpanan Document
Akan sangat menjengkelkan ketika pekerjaan yang anda kerjakan lupa anda simpan atau menghilang karena PC atau laptop anda tiba-tiba mati. Tidak semua pengguna Microsoft Word mengaktifkan mode penyimpanan otomatis, sehingga data yang telah dibuat tidak tersimpan sama sekali. Oleh karena itu, tombol ini bisa membantu anda membiasakan untuk sering menekan kombinasi Ctrl S untuk menyimpan setiap perubahan yang telah anda lakukan pada dokumen yang anda kerjakan. Dengan demikian, anda bisa lebih tenang jika terjadi kejadian yang tidak diharapkan seperti listrik padam.

12. Mengembalikan Perubahan
Sering kali anda tidak sengaja membuat perubahan atau menambahkan hal yang tidak anda inginkan. Feature dari Microsoft Word yang satu ini dapat membantu anda mengembalikan data menuju kondisi sebelum perubahan yang anda lakukan. Menu Undo atau Mengembalikan bisa anda akses dengan menekan tombol panah ke kiri yang ada di panel menu, atau dengan Ctrl+Z

13. Menu Desain
Menu ini berguna untuk melakukan perubahan tema tampilan, warna halaman, hingga memberikan pembatas halaman pada dokumen anda. Menu desain ini berguna untuk memberikan tampilan yang berbeda dari tampilan polos dokumen anda. Anda dapat masuk ke menu ini melalui menu yang ada di bagian atas, atau dengan menekan Alt+G

14. Menu Sisipkan
Menu ini akan sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin membeli nomor halaman, header halaman, membuat halaman baru,maupun menambah teks box pada halaman anda. Menu-menu ini dapat anda temukan pada menu sisipkan di bagian atas halaman anda, atau bisa anda masuki melalui tombol Alt+N. Baca Juga: Cara Copy Tulisan Pada Gambar Dengan Mudah Menggunakan Microsoft Office OneNote

menu pintasan ini merupakan cara terbaik bagi anda untuk mengefisienkan waktu pengerjaan dokumen atau tulisan yang anda buat. Karena sangat banyak fungsi pintasan yang tersedia,tentu tidak mudah untuk menghafal berbagai kombinasi tombol. Tips dan trik Microsoft Word yang perlu anda perhatikan adalah dengan menghafalkan tombol-tombol kombinasi yang biasa yang gunakan dalam penulisan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel