Tips Microsoft Word Yang Tidak Bisa Dibuka

Tips Microsoft Word Yang Tidak Bisa Dibuka

www.atobasahona.com - Seperti jenis berkas lainnya yang ada pada komputer, sebuah berkas dokumen Microsoft Word pun terkadang juga tidak bisa dibuka atau rusak yang disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi karena terinfeksi virus, terdapat sistem yang bermasalah, saat mematikan komputer menggunakan prosedur yang tidak benar dan mungkin juga ada sebab lain sehingga membuat berkas Microsoft Word tidak bisa dibuka. Nah untuk bisa mengatasi permasalahan word 2016 khususnya ada beberapa jalan yang bisa digunakan, antara lain:

Tips Microsoft Word Yang Tidak Bisa Dibuka


Tips Pertama

Untuk permulaan, jalankan aplikasi dari Ms. Word dangan membuka dokumen kosong atau bisa langsung dengan menggunakan CTRL + O. kemudian cari folder tempat dokumen atau berkas tersebut tersimpan. Yang harus diingat adalah harus folder yang digunakan untuk menyimpan berkas dokumen tersebut ya, bukannya langsung meng-klik berkas dokumennya.


Selanjutnya, tekan atau tandai berkas yang tidak bisa dibuka tersebut. Lalu klik pada tanda jarum yang terletak di sebelah ikon “Open” agar memunculkan pilihan yang lain. Setelah itu baru klik atau pilih “Open and Repair”. Yang terjadi, dokumen lama tersebut akan terbuka sebagai dokumen yang baru. langkah terakhir yang harus dilakukan ialah simpan kembali pada tempat yang aman.

Tips Kedua

Untuk tips dan trik komputer yang kedua ini dalam mengatasi Microsoft Word tidak bisa dibuka terbilang lebih sederhana, namun harus lebih teliti karena mempunyai banyak langkah. Bukalah dokumen yang tidak bisa dibuka tersebut kemudian “Save AS” ke dokumen yang letaknya berbeda seperti Web Page, Plaintext atau RTF.

Lalu bukalah kembali berkas dokumen tersebut pada format yang baru dan lakukan penyimpanan lagi menggunakan“Save AS”  ke dalam Ms. Word (docx).

Tips Ketiga

Tips ketiga ini hanya digunakan ketika dokumen korup dan tidak bisa dibuka atau berkas dokumen Word 2016 memang benar tidak bisa dibuka.
1. Buka dokumen kosong
2. Lalu tekan atau klik View - Draft
3. Tekan File – Options _ Advanced
4. Scroll mouse Anda menuju pilihan Show Document Content
5. Lalu centang Show Picture Placeholders
6. Dan juga “Use Draft Front in Draft and Outline Views”
7. Langkah terakhirnya ialah menekan tombol OK dan mencoba membuka kembali dokumen yang korup tadi.

Tips Keempat

Tips keempat ini masih seputar kasus dokumen Ms. Word yang tidak bisa dibuka. Caranya:
1. Buatlah dokumen kosong
2. Klik Insert - Insert Object - Text from File
3. Ketika jendela explorer muncul, centanglah berkas dokumen yang tidak bisa dibuka tersebut lalu tekanlah Insert.

Nah, itulah tips permasalahan berkas dokumen yang ada pada Microsoft Word tidak bisa dibuka yang mungkin tidak serumit masalah komputer tidak bisa masuk windows namun tetap membuat jengkel bukan?