Tips Mengatasi Komputer Tidak Bisa Dinyalakan Dan Sering Mati Mendadak

Tips Mengatasi Komputer Tidak Bisa Dinyalakan Dan Sering Mati Mendadak

www.atobasahona.com - Ketrampilan troubleshooting atau cara mengatasi masalah komputer sebaiknya dikuasai oleh penggunanya; terutama untuk masalah – masalah umum dan ringan.

Masalah Komputer Tidak Bisa Dinyalakan

Masalah komputer tidak mau menyala merupakan masalah yang cukup umum terjadi. Masalah ini kebanyakan disebabkan oleh kegagalan jaringan distribusi listrik dari power supply. Kondisi tersebut menyebabkan komputer sama sekali tidak menyala ketika tombol power ditekan.

Komputer Tidak Mau Menyala Sama Sekali

Cara paling sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah melepas dan membersihkan kabel distribusi listrik; kemudian di pasang kembali dan komputer dinyalakan. Jika masih gagal; maka dibutuhkan prosedur cek perangkat keras yang harus dilakukan oleh ahlinya.

Masalah hampir serupa yang cukup umum terjadi adalah komputer tidak mau booting atau masuk ke sistem operasi. Pada kasus ini komputer mau menyala; tetapi berhenti dan tidak melanjutkan proses menjalankan sistem operasi. Masalah ini umumnya disebabkan oleh kerusakan file sistem operasi; tetapi bisa juga disebabkan driver yang konflik atau salah instalasi. Melakukan instalasi ulang bisa menjadi solusi paling mudah untuk mengatasi masalah ini.


Mengatasi Komputer Mati Atau Restart Ketika Digunakan

Cara mengatasi masalah komputer yang tiba – tiba mati atau restart sepertinya menjadi informasi yang tidak kalah penting. Memberi informasi berguna merupakan bagian dari cara blog yang baik dan bermanfaat. Solusi dari masalah tersebut bisa dicari dengan melakukan analisa penyebabnya. Komputer sering mati sendiri atau tiba – tiba restart umumnya disebabkan oleh suhu komputer yang terlalu tinggi.

Untuk memastikan kondisi tersebut adalah penyebabnya; maka ada baiknya untuk memeriksa suhu CPU dengan memantau informasi BIOS atau menggunakan aplikasi pemantau hardware. Sedangkan metode manual yang bisa dilakukan adalah menyentuh pendingin prosesor untuk merasakan suhu bagian tersebut.

Jika suhu komputer terpantau tinggi melebihi suhu normal; maka langkah – langkah berikut ini bisa dilakukan :

  • Mengganti pasta pada pendingin prosesor. Pasta yang kering bisa membuat sistem pendingin tidak bekerja optimal.
  • Memasang kipas tambahan untuk meningkatkan sirkulasi di dalam casing komputer.
  • Membuka casing dan meletakkan komputer di ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

Solusi tersebut umumnya akan bekerja dengan baik jika masalah disebabkan oleh suhu CPU yang terlalu panas atau overheat.

Waspadai Masalah Pada Perangkat Keras RAM

Penyebab lain komputer mati mendadak, reboot atau tidak menyala bisa terjadi karena bagian memori yang eror atau tidak terpasang sempurna. Terkadang melepas memori untuk dibersihkan dan dipasang kembali bisa mengatasi masalah – masalah yang sulit ditelusuri penyebabnya. RAM yang kotor pada bagian terminal dan soket bisa memicu arus pendek atau justru tidak teraliri listrik sehingga arus data terputus pada bagian tersebut. Minyak kayu putih dan tisu bisa menjadi bahan pembersih sederhana untuk membersihkan terminal dan soket RAM. Pastikan RAM telah benar – benar kering sebelum dipasang kembali.