Tips dan Trik untuk Mengatasi Berbagai Masalah Komputer

Tips dan Trik untuk Mengatasi Berbagai Masalah Komputer

www.atobasahona.com - Komputer menjadi salah satu perangkat penting di dunia digital seperti sekarang di mana keberadaannya sangat membantu proses kerja dalam berbagai bidang. Bila komputer mengalami masalah seperti komputer restart sendiri dan lainnya, tentu pekerjaan secara keseluruhan dapat mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik komputer yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah - masalah komputer Anda, di antaranya :


Tips dan Trik untuk Mengatasi Berbagai Masalah Komputer


Komputer tidak mau menyala

Untuk mengatasi masalah komputer seperti komputer tidak mau menyala. Komputer yang tidak mau menyala ini dapat Anda atasi dengan mengecek sambungan kabel dari power outlet ke tombol power PC. Selain itu, Anda juga perlu mengecek apakah stabilizer pada komputer / PC. Jika dengan mengecek hal - hal di atas komputer masih tidak bisa menyala, letak kerusakan mungkin ada pada power supply - nya dan Anda memerlukan bantuan teknisi ahli untuk mengatasinya.


Komputer tidak mau booting

Komputer tidak mau booting dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya : masalah pada sistem operasi karena terserang virus, masalah pada harddisk dan RAM, hingga hardware yang mengalami overheating. Masalah virus dapat Anda atasi dengan masuk ke windows (sistem operasi) dengan mode Save, jalankan program antivirus dan melakukan scan terhadap seluruh isi harddisk. Bila ditemukan adanya virus / malware, segera lakukan pembersihan dan restart komputer.

Bila terjadi masalah pada RAM, Anda dapat mengeceknya dengan memindahkan RAM pada socket yang lain. Sebelumnya, Anda perlu membersihkan dahulu pin tembaga yang ada pada RAM dengan menggunakan penghapus.

Komputer sering mati sendiri

Masalah lainnya terkait komputer adalah komputer sering mati sendiri. Penyebabnya dapat beragam, mulai dari CPU yang terlalu panas, adanya kerusakan hardware, hingga adanya ketidakstabilan tegangan listrik. Untuk CPU yang terlalu panas, Anda dapat mengurangi beban komputer dengan menutup aplikasi yang dapat memperberat kerja komputer, dan menggunakan kipas ekstra untuk mengoptimalkan proses pendinginan komputer.

Kerusakan pada hardware dapat diatasi dengan menggunakan hardware yang kompatibel dengan spesifikasi umum yang dimiliki komputer, dan pasang socket - socket hardware sesuai tempat yang tepat. Sementara untuk komputer yang mati sendiri karena tegangan listrik, dapat diatasi dengan memasang stabilizer eksternal yang dapat membantu menstabilkan aliran arus listrik dan daya yang masuk ke power supply komputer.

Agar masalah - masalah ini dapat teratasi lebih cepat, tentu Anda perlu memiliki pengetahuan mengenai komputer dan jaringan dasar, sehingga Anda dapat mengatasinya dengan waktu yang lebih efisien, dan baru menyerahkan pada teknisi yang lebih ahli saat masalah tidak dapat Anda atasi sendiri.