Tips dan Trik Terkait Pengoperasian Microsoft Word

Tips dan Trik Terkait Pengoperasian Microsoft Word

www.atobasahona.com - Bagi Anda yang banyak menggunakan Microsoft Word untuk menyelesaikan pekerjaan, maka Anda perlu mengetahui berbagai tips dan trik Microsoft Word, termasuk cara mengatasi beberapa masalahnya agar pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien. Beberapa di antaranya adalah :

Tips dan Trik Terkait Pengoperasian Microsoft Word

Microsoft Word tidak bisa dibuka

Salah satu masalah yang kerap terjadi saat mengoperasikan Microsoft Word adalah program Microsoft Word tidak bisa dibuka. Bila Anda menemui masalah seperti ini, Anda tidak perlu langsung melakukan instal ulang microsoft Office Anda. Salah satu trik yang dapat Anda coba untuk masalah ini adalah dengan menghapus Word Data Registry Key. Beberapa langkahnya adalah :

  • Tutup seluruh program MS office.
  • Klik Start, kemudian Run, dan ketik regedit, kemudian tekan enter.
  • Pada jendela Registry Editor masuk ke versi MS Word Anda, contohnya untuk Word 2010 : HKEY_CURRENT_USER\software\microsoft\office\14.0\word\data
  • Klik Data, pilih menu File, lalu Export.
  • Beri nama file dengan Wd Data.reg, dan simpan pada desktop.
  • Tutup jendela Registry Editor dan coba buka kembali MS Word.

Convert Microsoft Word ke PDF

Tak jarang Anda perlu untuk memindahkan pekerjaan Anda di MS Word dengan format PDF. Untuk memudahkannya, Anda perlu mengetahui cara mengubah format data Microsoft Word ke PDF. Cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah :

  • Convert word to PDF secara offline

Convert data ke format PDF secara offline dapat dilakukan dengan cara membuka file yang ingin di convert, kemudian klik menu File, lalu klik Save As. Pada bagian kolom Save as type, Anda dapat memilih PDF dan klik Save.

  • Convert word to PDF secara online

Selain dengan cara offline, Anda juga dapat melakukan convert data secara online dengan memanfaatkan Google Drive. Setelah masuk ke akun Google Anda, Anda dapat upload file Word yang ingin diubah. Buka file, kemudian klik menu File > Download as > PDF Document, dan file yang Anda unduh akan otomatis memiliki format .pdf.

Cara mengatasi komputer yang tidak bisa masuk windows

Selain membekali diri dengan tips dan trik seputar program Microsoft Word, tidak ada salahnya bila Anda memiliki pengetahuan lebih juga mengenai sistem operasi seperti windows. Windows merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan secara luas di Indonesia. Bila Anda menemui masalah seperti komputer tidak bisa masuk windows, Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini : Bila disebabkan software yang tidak kompatibel, Anda dapat masuk ke komputer dengan menggunakan Safe Mode dan menghapus software yang mencurigakan dengan menguninstall dari control panel, kemudian melakukan restart pada komputer. Sementara bila masalahnya ada pada hardware, seperti memory, hardisk atau VGA, tentu untuk mengatasinya Anda perlu mengganti komponen hardware yang rusak.