Tips dan Trik Komputer Praktis Bagi Pengguna Microsoft Word

www.atobasahona.com - Mengetahui Tips dan Trik Komputer menjadi hal yang penting bagi penggunanya. Terutama tips dan trik untuk mengatasi masalah – masalah yang umum terjadi.

Mengatasi Error Pada Saat Membuka File Microsoft Word

Salah satu perangkat lunak yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Word atau MS Word. Perangkat lunak ini menjadi pilihan yang paling umum untuk memenuhi kebutuhan menulis dan menyunting teks. Menulis dan menyunting teks merupakan bagian dari cara ngeblog yang utama untuk menghasilkan konten yang menarik.

Mengatasi Error Pada Saat Membuka File Microsoft Word

Selain mudah dioperasikan; MS Word merupakan perangkat lunak yang fleksibel dan terintegrasi dengan paket perangkat lunak Microsoft Office. Mengingat perangkat lunak Microsoft Word merupakan yang paling umum digunakan; maka ada baiknya pengguna perangkat lunak tersebut mengetahui beberapa tips dan trik mengatasi masalah yang umum terjadi.

Masalah file Microsoft word tidak bisa dibuka umumnya terjadi karena asosiasi antara file yang dibuka dengan perangkat lunak tersebut hilang atau tidak ada. Untuk memecahkan masalah tersebut; ada beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan :


  1. Buka kotak pencarian di Windows Explorer; ketikkan appwiz.cpl dan kemudian tekan enter untuk memulai pencarian.
  2. Periksa daftar perangkat lunak atau program yang terpasang terkait dengan Microsoft Office Suite.
  3. Jika hanya ada satu Microsoft Suite terpasang; maka pilih Microsoft Office dalam daftar dan pilih tab ubah atau change.
  4. Jika terdapat lebih dari satu yang terpasang; lakukan Hapus Instalan dilanjutkan dengan restart sebelum melakukan langkah nomor 3 di atas.
  5. Jika asosiasi file Microsoft Word tidak tertaut ke perangkat lunak yang bersangkutan; maka bisa dilakukan langkah klik kanan berkas dan pilih buka dengan dan pilih program default. Pengguna akan menemukan daftar program; pilih Microsoft Office Client Virtualization Handler. Bubuhkan centang pada pilihan selalu gunakan program dan pilih OK.
  6. Langkah serupa juga bisa dilakukan oleh pengguna Microsoft Office Suite berbasis MSI atau paket yang terpasang pada instalasi Windows.

Langkah – langkah di atas umumnya bisa mengatasi masalah file MS Word yang tidak bisa dibuka karena tidak terasosiasi dengan perangkat lunak yang tepat.

Cara Melakukan Konversi File Word Menjadi PDF

Format dokumen teks yang umum digunakan kini memiliki banyak ragam. Masing – masing memiliki kelebihan dan tujuan peruntukan yang berbeda – beda. Melakukan konversi dari dokumen Microsoft Word menjadi PDF merupakan salah satu alternatif untuk mengamankan dokumen dari proses penyuntingan.

Cara praktis untuk melakukan konversi file Microsoft word ke PDF adalah dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Word edisi tahun 2010 atau yang lebih baru. Caranya dengan memilih Save As dokumen dan kemudian pilih Save file type dengan pilihan PDF. Cara lain yang bisa dilakukan adalah melakukan konversi secara online dengan menggunakan Google Drive. Caranya adalah dengan menyimpan file Word ke Google Drive dan kemudian mengunduhnya kembali melalui pilihan Download as PDF Document.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel