Tips dan Trik Komputer, Cara Merawat Komputer PC

Tips dan Trik Komputer, Cara Merawat Komputer PC

www.atobasahona.com - Untuk merawat komputer PC sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun karena tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana caranya, atau bahkan tidak mempunyai waktu untuk membersihkannya, maka komputer biasanya dibiarkan begitu saja. Ulasan kali ini akan membahas tentang tips dan trik komputer, untuk merawat komputer, antara lain :

 Cara Merawat Komputer PC

Merawat hardware

Hardware, atau perangkat keras, adalah perangkat ini berada di bagian luar, atau yang lebih dikenal dengan CPU. Untuk merawat perangkat seperti ini, yang harus Anda lakukan adalah :
  • Menggunakan tegangan listrik yang stabil
Hal pertama dalam tips dan trik komputer kali ini, adalah selalu mempertahankan atau menstabilkan tegangan listrik yang ada. Anda dalam hal ini dapat menggunakan stabilizer atau menggunakan UPS. Jadi ketika daya sedang turun, maka komputer tidak akan terlalu mengalami goncangan listrik, berkat adanya alat tersebut. Penggunaan UPS dinilai aman, karena UPS dapat menyimpan daya, sehingga Anda masih mempunyai waktu untuk melakukan shutdown.
  • Mematikan komputer dengan benar
Mematikan komputer, tidak seperti mematikan perangkat elektronik lainya. Mematikan secara sembarangan, akan berdampak buruk bagi kinerja komputer. Ada baiknya jika Anda memperhatikan cara mematikan komputer dengan baik, seperti mematikan berbagai macam fitur yang sedang bekerja, menghapus berbagai macam sisa file yang ada, dan hal-hal lainnya.
  • Memaksimalkan pendingin komputer
Berbagai perangkat elektronik, pasti menggunakan komponen IC. Ini adalah alat yang berfungsi untuk mendinginkan alat, termasuk di dalamnya CPU. Di dalam CPU sendiri terdapat lebih dari 1 buah kipas yang berfungsi untuk mendinginkan beberapa perangkat, seperti processor, dan yang lainnya. Hal ini dilakukan agar alat yang dimaksud tidak mengalami overheating. Akan tetapi, hal ini juga sebaiknya diimbangi dengan power supply yang tepat, agar aliran listrik terpenuhi.
  • Melindungi komputer Anda
Yang dimaksud dengan melindungi komputer disini adalah dengan menempatkan komputer di lokasi yang tepat, tidak terkena matahari langsung, akan lebih baik, jika menggunakan ruangan ber-ac, merapikan kabel komputer, dll.

Merawat software

Selain memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan hardware, Anda juga perlu merawat bagian software dari komputer itu sendiri, yaitu ;
  • Menggunakan perangkat lunak yang original, hal ini dilakukan, agar kinerja software jadi lebih baik. 
  • Selalu lindungi komputer dengan menggunakan antivirus. Pastikan antivirus yang digunakan selalu diupdate secara berkala. 
  • Lakukan maintenance dan juga manajemen aplikasi secara berkala. Seperti menghapus berbagai junk file, menghapus berbagai macam file yang sudah tidak digunakan, melakukan Disk Defrag, dan yang lainnya. Hal seperti ini sebaiknya dilakukan minimal 1 kali dalam 1 bulan. Untuk membersihkan berbagai sampah atau junk file, Anda dapat mengunduh salah satu aplikasi cleaner.