Tips dan Trik Belajar Microsoft Word Paling Cepat dengan Cara Ini

www.atobasahona.com - Setiap hari, tentunya kita sudah terbiasa dengan gadget atau seperangkat komputer untuk menyelesaikan pekerjaan administratif setiap harinya. Salah satu aplikasi yang penting dan kita butuhkan adalah aplikasi Microsoft word. Ini adalah aplikasi yang bisa di bilang cukup populer. Aplikasi pengolah kata ini biasa dipakai saat Anda melamar pekerjaan, untuk menyelesaikan tugas kuliah, membuat proposal dsb. Meski paham Microsoft word bukanlah sebuah keharusan, namun penting bagi kita untuk memiliki skill yang satu ini. Lalu, gimana ya caranya supaya bisa memahami Microsoft word dengan cepat? Kali ini kita akan bicara lebih jauh cara belajar Microsoft word sekaligus apa saja manfaat yang didapat dengan belajar Microsoft word ini!

Beberapa manfaat Microsoft word


Beberapa manfaat Microsoft word

Pada dasarnya, Microsoft word adalah aplikasi yang dipakai untuk mengolah kata. Aplikasi ini tentu saja berhubungan dengan segala hal yang berurusan dengan kata, kalimat maupun paragraf. Secara lebih rinci, manfaat Microsoft word antara lain adalah:

  • Dipakai untuk membuat segala jenis dokumen, mulai dari proposal, makalah, dan juga dokumen dengan skop yang besar seperti halnya novel dan buku. Ya, jika Anda adalah seorang penulis, salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam menulis buku adalah dengan media Microsoft word. Atau, Anda yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah dan akan mengajukan proposal, Anda bisa memanfaatkan ini. Dalam pembuatan makalah, dan juga dokumen, aplikasi terpenting yang digunakan adalah Microsoft word.
  • Bermanfaat untuk membuat kartu nama, kartu ucapan, absensi, surat, brosur, pamphlet, dan berbagai jenis media iklan yang lain.

Apapun profesi Anda, apalagi yang berhubungan dengan pengetikan dan surat menyurat, sangat mungkin membutuhkan aplikasi yang satu ini untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Adapun tips dan trik memahami Microsoft word yang bisa Anda aplikasikan adalah:

1. Menginstal Microsoft Office

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal Microsoft office di laptop atau komputer masing-masing. Ini adalah aplikasi wajib yang harus ada pada perangkat tersebut sebagai media untuk mengetik data yang kita masukkan. Disarankan bagi Anda untuk menggunakan aplikasi Microsoft office terbaru yaitu tahun 2010 atau yang di atasnya agar fitur yang dimiliki semakin update dan banyak fitur canggih yang bisa Anda manfaatkan. Salah satu aplikasi office yang disarankan adalah Microsoft office 2016/365 dengan fitur yang canggih.

2. Pakai Satuan Centimeter

Ya, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan satuan centimeter. Biasanya, masalah yang dihadapi saat melakukan pengukuran dengan Microsoft word adalah menggunakan inchi. Untuk itu, ubah satuan word yang sebelumnya adalah inchi ke dalam satuan centimeter. Caranya adalah dengan mengeklik File kemudian pilih Option lalu klik Advanced. Setelah itu, arahkan kursor ke bagian display, kemudian klik centimeter. Terakhir, pilih Centimeter lalu klik OK.


3. Atur Page Setup dan juga Margin

Tujuan pengaturan page set up dan margin adalah untuk mengatur bagaimanakah bentuk dokumen yang sesuai dengan keinginan. Biasanya, ini berhubungan dengan batas kanan, kiri, atas dan bawah sesuai dengan ketentuan dokumen yang diinginkan. Satuan yang sebelumnya digunakan misalnya dalam satuan inchi, bisa kita ubah terlebih dahulu ke dalam centimeter. Sewaktu proses pengukuran halaman ini ada yang disebut dengan margin. Ini digunakan untuk mengukur jarak antara jarak ujung halaman ke isi dokumennya. Sedangkan, yang dimaksud dengan page set up adalah pengaturan halaman sesuai dengan yang diharapkan. Untuk margin bisa kita golongkan menjadi empat, yaitu margin atas, kiri, kanan dan margin bawah. Biasanya, margin tersebut di setting dengan jarak 2,54 cm yang merupakan margin bawaan. Secara otomatis, kita biasanya akan di minta untuk membuat batas kanan kiri atas dan bawah terlebih dahulu sebelum kita mulai membuat dokumennya. Jika Anda ingin melakukan perubahan pada margin, Anda bisa klik menu Layout lalu klik Page Set Up. Untuk bagian marginnya, Anda bisa ubah ukurannya sesuai yang diinginkan. Selain itu, Anda bisa pilih orientasinya, apakah akan menggunakan orientasi landscape atau portrait sesuai keinginan lalu klik OK. Anda bisa melakukan pengaturan margin dan orientasi di akhir atau saat pengetikan selesai. Di akhir, pilih apa jenis kertas yang Anda pakai dengan cara klik paper lalu pilih ukuran kertasnya.

4. Mengelola Paragraf

Yang dimaksud paragraf adalah blok yang terdiri dari beberapa kalimat sekaligus yang fungsinya adalah untuk memberikan spasi atau jeda baca dengan tujuan agar data atau dokumen tersebut lebih mudah dibaca dan juga dibuat. Paragraf adalah hal penting yang harus diperhatikan sebab ini berhubungan dengan kenyamanan pembaca baik itu saat sedang menulis proposal, buku, maupun membuat dokumen yang lain. Cara mengetik paragraf adalah dengan mengetik HOME, lalu memilih icon Paragraph, disusul dengan alignment yang mengatur arah dari tulisan dalam paragraf tersebut. Setelah itu, memilih Indentation yang berguna untuk memberi jarak pada paragraph seperti dari margin kiri ke margin kanannya. Jika Anda ingin menambahkan indent di baris pertama gunakan indent First Line dan atur berapa jarak indent tersebut. Untuk spasi-nya, gunakan spacing dan isi di bagian before paragraph dan after paragraph-nya. Setelah itu klik OK.

5. Pakai Page Break

Secara otomatis, aplikasi Microsoft word akan membuat halaman baru jika halaman sebelumnya tidak mampu menampung lagi tulisan sebelumnya yang ada pada dokumen tersebut. Walau begitu, terkadang kita ingin mengetik di halaman sesudahnya meskipun halaman sebelumnya belum terisi. Contohnya saat kita ingin membuat makalah misalnya dimana page yang sebelumnya belum penuh lalu ingin pindah ke page yang lain untuk memulai bab baru. Biasanya, kita meng-enter sampai pada page yang baru. Namun, bukan cara tersebut yang paling tepat. Cara yang tepat adalah dengan menggunakan page break word yang bisa kita lakukan dengan cara menekan tab “insert”, lalu klik “pages” dan “page break”. Ini tentunya lebih aman saat Anda menambah dokumen baru di page yang baru. Microsoft word akan mengisi page kosong secara otomatis yang sudah Anda buat tanpa perlu mengganggu posisi data sebelumnya sehingga data tidak berpotensi berantakan.

6. Footer & Page Number

Biasanya, untuk setiap halaman proposal yang kita buat, kita akan memberikan nomor halaman pada page tersebut. Anda bisa menggunakan fitur header, footer, dan juga page number dengan cara mengeklik Insert lalu pilih header dan footer. Setelah itu, pilih bagaimana style yang Anda inginkan sesuai yang tersedia. Anda bisa tambahkan nomor pada halaman tersebut dengan lebih mudah dan secara otomatis nomor akan tertulis pada halaman tersebut. Atau, untuk penomoran yang lebih sederhana, Anda bisa gunakan Page Number yang lebih sederhana cara pengoperasiannya. Tips dan trik Microsoft word di atas bisa Anda aplikasikan untuk mempercepat dan mempermudah proses pengetikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel