Sejarah Komputer Generasi Ke Empat

Sejarah Komputer Generasi Ke Empat

www.atobasahona.com - Apakah anda sudah mengetahui seperti apa sejarah komputer generasi ke empat ini? Nah, untuk anda yang belum mengetahuinya, dan penasaran seperti apa sejarahnya, langsung saja berikut pembahasan selengkapnya.

Sejarah Komputer Generasi Ke Empat


Mengenal sejarah komputer generasi keempat

Tahukah anda bahwa setelah IC muncul, pengembangan komputer telah menjadi jelas, yaitu mengecilkan komponen-komponen elektronik dan sirkuit. Large Scale Integration (LSI) dalam satu chip bisa memuat ratusan komponen. Dan pada tahun 1980-an, VLSI dalam satu chip tunggal bisa memuat ribuan komponen di dalamnya. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) dapat meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Karena kemampuannya dalam memasang banyak komponen ke dalam satu keping (berukuran setengah uang logam) tentunya mendorong ukuran dan harga komputer. Hal tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi, kehandalan, dan daya kerja komputer.

Perkembangan yang seperti ini memungkinkan masyarakat biasa untuk menggunakan komputer. Selanjutnya di pertengahan 1970-an, perakit komputer telah menawarkan hasil ciptaan komputer yang mereka lakukan kepada masyarakat umum. Disebut dengan mini komputer, tentunya mini komputer ini dijual dengan adanya paket perangkat software atau lunak yang mudah digunakan oleh orang awam.


Seiring dengan berkembang dan menjamurnya penggunaan teknologi komputer baik di tempat kerja maupun di rumah-rumah, selanjutnya cara-cara baru dalam menggali potensi yang terdapat di dalam komputer akan terus dikembangkan. Bahkan, saat ini komputer sangat bermanfaat digunakan untuk mengetik kebutuhan kantor maupun sekolah melalui salah satu aplikasi seperti Microsoft word. Tips dan trik microsoft word yang semakin dibutuhkan oleh orang banyak saat ini membuat komputer sudah banyak dimiliki oleh orang-orang.

Ciri-ciri komputer generasi keempat

Tentunya komputer memberikan banyak kemudahan untuk manusia. Bahkan komputer saat ini bisa dengan mudah untuk dibeli, selain mendatangi langsung ke toko, anda juga bisa membelinya pada toko komputer online terbaik dan terpercaya. Selain itu, anda bisa menikmatinya dengan mudah. Nah, salah satu perubahan komputer yang sangat menarik untuk diketahui adalah ketika komputer memasuki generasi keempat. Seperti apa ciri-cirinya? Berikut ini akan dipaparkan pembahasannya untuk anda.

  • Menggunakan Large Scale Integration (LSI)

Large Scale Integration (LSI) adalah sebuah pemadatan dari beberapa chip yang kemudian menjadi sebuah chip, bahkan hingga saat ini LSI masih digunakan. Pastinya dengan berbagai macam pengembangan.

  • Ukuran dan bentuknya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya

Pastinya dengan penyusutan terhadap chip yang digunakan, ternyata bentuk fisik yang dimiliki oleh generasi keempat ini terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan generasi pertama.

  • Pengembangannya yang merambah ke dunia komputer micro

Pada awalnya mikrokomputer adalah proyek yang dikembangkan memakai basis komputer generasi keempat. Dirakit menggunakan microchip, tentunya fungsi yang dimilikinya jauh lebih pintar.