Mengenal  Apa Itu Digital Marketing (pemasaran)

Mengenal Apa Itu Digital Marketing (pemasaran)

www.atobasahona.com - Pemasaran (marketing) adalah kegiatan, serangkaian lembaga, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat. Menurut definisi ini ada tempat kegiatan utama dalam marketing, yaitu:
  1. Menciptakan
  2. Mengomunikasikan
  3. Menyampaikan
  4. Bertukar Pikiran
Digital Marketing


Ini menjadi bagian dasar yang perlu diketahui oleh seorang pemasar (marketer) secara umum. Sekarang, kita memulai masuk ke era digital atau internet. Internet adalah sebuah media yang dibangun secara digital. Dalam pemasaran secara konvensional, yang termasuk media adalah televisi, radio, billboard, dan sebagainya. Kenapa media-media ini tidak semenarik media internet? Kenapa tidak ada orang mengatakan television marketing expert atau radio marketing expert? Sementara di internet, kita banyak mendengar sebutan digital marketing expert atau internet marketing expert.


Hal ini karena internet dianggap sebagai sebuah media yang memiliki keunikan tersendiri. pengguna atau user memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara dua arah. Bukan hanya kepada orang yang mereka kenal, komunikasi juga bisa dilakukan secara langsung kepada merek/usaha/penjual.


Saat ini, internet memiliki bagian tersendiri dalam kehidupan kita sehari-hari tidak bisa dilihat, namun bisa dirasakan. Dengan menggunakan internet, kita bisa mencari informasi apa pun yang ingin diketahui (berita dari belahan dunia lain bisa didapatkan dalam hitungan detik), membeli barang yang diinginkan, dan masih masih banyak hal lain yang bisa dilakukan melalui internet. Hal menarik lainnya, internet bisa digunakan kapa pun dan di mana pun kita berada.

Hal ini membuat internet menjadi media penting terutama untuk bisnis dalam menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran. inilah awal mula sebutan digital marketing atau internet marketing.

Digital Marketing Sebagai Industri Baru Di Dunia Pemasaran

Saat ini, kita membagi pemasaran menjadi dua jenis. Pertama traditional marketing yang menggunakan media offline seperti televisi, radio, brosur, dan lain-lain sebagai alat untuk pemasaran bisnis.

Kedua, digital marketing yang menggunakan internet sebagai media pemasaran. Kebutuhan untuk menggunakan media internet sebagai media pemasaran sudah tidak terhubung lagi. Mulai dari perusahaan multinasional hingga perusahaan mikro berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan melalui media internet. Hal ini yang membuat digital marketing menjadi primadona baru dalam dunia pemasaran, hingga akhirnya melahirkan sebuah industri baru yang dikenal sebagai digital marketing dengan para pelaku yang mengakui diri mereka sebagai digital marketer.

Baca Juga:
14 Sektor Bidang Usaha yang Dapat Digeluti Oleh Pengusaha Pemula Bisnis
Stop Investasi Uang Pada Perusahaan Abal-Abal Sebelum Menyesal

Industri Yang Tumbuh Dengan Cepat

Pertumbuhan pengguna internet di dunia setiap tahunnya sekitar 7%.  Ada empat miliar pengguna internet di dunia. Ini adalah 53% dari total populasi dunia. Tahun 2007, jumlah pengguna internet di Indonesia hanya 20 juta pengguna. Saat ini, kita memiliki lebih dari 130 juta pengguna internet. Jumlah ini termasuk peringkat keenam di dunia.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 20% per tahun. Angka ini kian tahun kian bertambah. Karena itu, kesempatan menjadikan dan mencapai pengguna internet sebagai target pasar sangatlah besar. Lalu apa keuntungannya bagi anda?

Karena pertumbuhan yang sangat cepat, timbul ketidak seimbangan supply (persediaan) dan demand (permintaan) dalam industri digital marketing.