Komputer Tidak Mau Booting Karena Terinfeksi Virus

Komputer Tidak Mau Booting Karena Terinfeksi Virus

www.atobasahona.com - Terjadinya sebuah masalah pada komputer tentu ada beberapa penyebabnya. Untuk permasalah komputer yang gagal melakukan booting misalnya. Banyak sekali penyebab yang membuatnya gagal dalam memasuki windows. Banyaknya tips dan trik komputer tidak akan berhasil jika salah penerapan. Maka penting untuk mengetahui permasalahan atau penyebab terjadinya sebuah masalah sehingga komputer tidak mau booting tersebut. Untuk tips yang satu ini digunakan saat gagalnya booting disebabkan oleh infeksi virus pada komputer Anda.

Komputer Tidak Mau Booting Karena Terinfeksi Virus


Virus merupakan malware yang sangat mengganggu kinerja komputer Anda. telah banyak user yang menjadi patah arang karena telah menjadi korban jangkitan virus komputer ini. virus tersebut bisa masuk dalam komputer dengan banyak jalan, mulai dari internet, penggunaan flashdisk dan yang lainnya. Untuk virus dengan jenis malware biasanya menggunakan bentuk exe, dan bahkan merupakan jenis file yang bisa untuk digunakan. Sayangnya saat Anda coba untuk menjalankannya malah tidak muncul apa-apa dan itulah saat komputer Anda telah terserang virus komputer ini. ada banyak sekali jenis virus yang menyerang dan ada pula cara untuk mengatasinya jadi jangan terlalu khawatir.

Berikut ada beberapa langkah untuk mengatasi komputer yang tidak mau booting yang disebabkan terinfeksi virus, antara lain:

1. Memasuki Windows Menggunakan Safe Mode

Yang pertama kali harus dilakukan ialah memasuki komputer menggunakan mode safe / aman atau “Safe Mode”. Ini bisa dilakukan dengan langsung menggunakan cara menekan tombol F5 selama beberapa saat persis disaat komputer menyala untuk pertama kalinya atau baru saja di restart. Setelah memasuki mode aman tersebut, lakukan pemeriksaan sesegera mungkin untuk melihat aplikasi atau software apa yang telah Anda curigai atau juga yang mungkin terakhir kali Anda instalasi sehingga mengakibatkan komputer tidak mau menyala. Jika ketemu maka lakukan penghapusan terhadapnya dalam mode aman.

2. Menjalankan Program Antivirus Untuk Melakukan Pemeriksaan Virus Yang Terdapat Dalam Komputer

Yang berikutnya ialah melakukan proses scanning dari awal hingga dengan selesai. Mungkin akan cukup lama jika memang sebelumnya komputer tidak pernah melakukan scanning. Namun jika pernah melakukannya maka prosesnya jauh lebih cepat.

Jika scanning telah selesai maka, akan terlihat apakah ada virus yang menyerang atau tidak. Jika ternyata tidak ada virus maka tidak menyalanya komputer mungkin disebabkan oleh yang lainnya.
Namun jika ternyata aktivitas virus yang membuat komputer Anda tidak bisa menyala maka dalam tampilan antivirus Anda akan menemukan sebuah malware / spyware / virus yang sedang menjangkiti komputer. Maka segeralah melakukan penghapusan program tersebut. Setelah itu lakukanlah restart ulang pada komputer Anda.

Nah, demikianlah tips dan trik komputer yang biasanya membuatnya gagal booting atau untuk mereka yang awam menyebutnya komputer tidak bisa masuk Windows disebabkan oleh serangan virus.