Komputer dan Jaringan Dasar yang Perlu Anda Ketahui

Komputer dan Jaringan Dasar yang Perlu Anda Ketahui

www.atobasahona.com - Sebelum mengetahui informasi lebih jauh mengenai Tips dan Trik Komputer, tidak ada salahnya bila Anda membekali diri lebih dahulu dengan pengetahuan terkait komputer dan jaringan mendasar yang terkait di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai komputer dan jaringan dasar, di antaranya :

Komputer dan Jaringan Dasar lengkap


Sekilas tentang komputer

Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa latin computare dan bahasa inggris compute, alat ini merupakan mesin penghitung elektronik yang mampu menerima informasi input digital dan memprosesnya sesuai dengan program dengan waktu yang singkat. Hasil atau output dari komputer adalah berupa informasi.

Kecanggihan komputer menjadi salah satu alasan mengapa berbagai kegiatan, mulai dari penyelesaian tugas dan pekerjaan di masa sekarang sangat bergantung pada komputer. Tak hanya pekerjaan hitung, Anda pun dapat memanfaatkan komputer untuk pekerjaan lain, termasuk hiburan dan bermain games.


Pengetahuan mengenai komputer generasi keempat

Komputer generasi keempat merupakan lanjutan pengembangan dari komputer generasi ketiga yang dimulai sejak tahun 1971. awal penemuan komputer generasi ini adalah adanya mikroprosesor dengan teknologi Very Large Scale Integration (VLSI). beberapa ciri komputer generasi keempat adalah memiliki ukuran lebih kecil dan terlihat solid, menggunakan mikroprosesor dengan teknologi VLSI, dan sistem operasi yang banyak digunakan adalah MS Dos dan MS Windows. Selain itu, komputer generasi ini dapat dihubungkan langsung dengan jaringan internet serta memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan generasi sebelumnya. Beberapa contoh komputer generasi keempat adalah Macintosh, IBM PC, Commodore 64, dan Apple II.

Jaringan dasar yang dimiliki komputer

Jaringan dasar yang dimiliki komputer terdiri dari beberapa macam, antara lain :

  • Local Area Network (LAN)

Karakteristik dari jaringan LAN adalah cakupan wilayahnya yang relatif kecil, dimana umumnya daya cakupnya tak lebih dari 1 km persegi. LAN ini banyak digunakan pada beberapa area umum, seperti kantor, sekolah, hingga warnet. Jaringan LAN umumnya menggunakan teknologi Ethernet, namun tak jarang juga menggunakan teknologi nirkabel seperti WiFi.

  • Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang mampu digunakan untuk mencakup suatu kota. Selain daya jangkau yang lebih luas, yakni mencapai 10 - 50 km, MAN memiliki kecepatan transfer data yang tinggi.

  • Wide Area Network (WAN)

WAN memiliki jangkauan jaringan yang lebih luas lagi, yang dapat mencakup sebuah negara hingga benua. Dengan jaringan WAN, Anda dimungkinkan untuk dapat berkomunikasi dengan pengguna lain di lokasi berbeda.

Bagi Anda yang baru menekuni dunia teknologi, khususnya komputer, tidak ada salahnya bila Anda mulai memahami dari hal yang paling dasar, seperti penjelasan mengenai komputer dan jaringan dasar yang dimiliki di atas.