Komputer Dan Jaringan Dasar: Pengertian, Tujuan Dan Manfaat

Komputer Dan Jaringan Dasar: Pengertian, Tujuan Dan Manfaat

www.atobasahona.com - Komputer adalah salah satu alat teknologi canggih, dan disamping komputer terdapat internet yang merupakan hasil dari sebuah jaringan yang telah terpasang dengan benar. Pada pembahasan kali ini akan dipaparkan lebih jelasnya tentang komputer dan jaringan dasar.

Komputer Dan Jaringan Dasar


Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah kumpulan komputer, printer, dan berbagai peralatan lainnya yang telah terhubung ke dalam satu kesatuan. Data dan informasi akan bergerak dari kabel-kabel maupun tanpa kabel, dengan begitu memungkinkan pengguna jaringan komputer bisa saling bertukar data dan dokumen, mencetak pada printer secara bersama-sama dengan memakai software/hardware yang telah terhubung dengan jaringan. Setiap komputer seperti komputer all in one, peripheral atau printer yang sudah terhubung dengan jaringan disebut dengan node. Sebuah jaringan komputer bisa mempunyai dua, puluhan, ribuan, bahkan jutaan node.


Tujuan jaringan komputer

Ada beberapa tujuan yang diberikan oleh jaringan komputer ini. Seperti resource sharing yang bertujuan supaya seluruh peralatan, program, khususnya data bisa digunakan oleh orang yang memang berada atau berhak akan suatu jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi. Tujuan selanjutnya adalah keandalan tinggi. Maksudnya adalah berbagai file yang dibutuhkan bisa diletakkan pada dua atau tiga buah komputer, dengan begitu ketika salah satu mesinnya tidak bisa digunakan, maka mesin yang lain bisa mengambil alih kerjanya. Kemudian ada skalabilitas, yaitu kemampuan dalam meningkatkan kinerja secara berangsur-angsur dengan hanya menambah sejumlah processor.

Mengetahui manfaat jaringan komputer

Untuk manusia sendiri, manfaat jaringan komputer bisa dikelompokkan pada jaringan untuk perusahaan, kemudian jaringan untuk umum, hingga masalah sosial jaringan.

  • Jaringan untuk organisasi/perusahaan

Untuk membangun jaringan komputer di dalam sebuah organisasi/perusahaan, maka salah satu keuntungan yang bisa didapat adalah sebagai media komunikasi. Tentunya sebuah jaringan komputer untuk editing video terbaik bisa digunakan oleh para karyawannya yang terpisah jauh. Ketika menggunakan jaringan, mereka yang tinggal berjauhan bisa lebih mudah bekerja sama untuk menyusun laporan.

  • Jaringan untuk umum

Jaringan komputer tentunya juga bisa memberikan layanan berbeda kepada perorangan. Ada tiga hal pokok yang membuat jaringan komputer menjadi daya tarik tersendiri terhadap perorangan, mulai dari komunikasi orang-ke-orang, hiburan interaktif, hingga mengakses informasi dari lokasi yang jauh. Bahkan, jaringan ini juga bisa mengirimkan berbagai dokumen penting dari komputer seperti file dari Microsoft word. Tentunya anda perlu mengetahui tips dan trik microsoft word ketika mengirimkannya, dengan begitu file yang akan dikirimkan bisa berjalan dengan lancar.

  • Masalah sosial jaringan

Tentunya penggunaan jaringan oleh masyarakat luas dapat menyebabkan berbagai masalah etika, politik, dan sosial. Namun penggunaan komputer dan jaringan dasar tidak akan menimbulkan masalah ketika subyeknya terbatas pada pendidikan, maupun hobi.