Ingin Terjun Menjadi Blogger? Ketahui Dahulu Beberapa Jenis Blog Ini

Ingin Terjun Menjadi Blogger? Ketahui Dahulu Beberapa Jenis Blog Ini

www.atobasahona.com - Blog merupakan salah satu aplikasi web yang dapat memenuhi hobi menulis Anda yang kemudian diposting dan dapat dilihat oleh semua orang. Bila Anda ingin terjun menjadi blogger, Anda tentu perlu untuk menentukan blog seperti apa yang ingin Anda buat. Berikut ini adalah beberapa jenis blog yang perlu Anda ketahui, termasuk Tips blogger untuk pemula, yaitu :

jenis-jenis blog


Blog otoritas (authority blogs)

Blog otoritas umumnya dibuat oleh para blogger profesional. Blog otoritas (authority blogs) ini umumnya tidak berfokus pada satu tema / topik saja, melainkan mempublikasikan ratusan hingga ribuan artikel berkualitas dengan berbagai topik, seperti pengembangan diri, teknologi, kesehatan, dan lain - lain. Untuk mendapatkan pengunjung blog, umumnya jenis blog ini tidak mengandalkan pengunjung dari search engine, namun juga pengunjung - pengunjung dari social media.


Blog niche

Berbeda dengan blog otoritas, blog niche berfokus pada salah satu topik atau kata kunci tertentu. Hal ini sebagai upaya agar konten blog dapat masuk ke halaman pertama search engine. Salah satunya adalah blogger otomotif, yang seluruh kontennya tak lepas dari dunia otomotif. Agar mudah dijangkau dan banyak pengunjung, blog niche menggunakan pola riset kata kunci, penyusunan konten dan optimasi search engine.

Blog pribadi

Blog pribadi merupakan salah satu yang sering dipilih oleh blogger untuk pemula. Blog pribadi umumnya hanya dibuat untuk mengisi waktu luang dan berbagai kehidupan sehari - hari. Topik yang diangkat dapat bermacam - macam, tergantung dari hal apa yang ingin Anda bagikan. Tujuan pembuatan blog pribadi biasanya tidak ditujukan untuk menghasilkan uang. Namun, bagi Anda yang hobi menulis, posting di blog pribadi ini dapat menjadi hal yang menyenangkan, lho.

Blog perusahaan

Blog perusahaan merupakan salah satu usaha marketing untuk semakin mempermudah pengenalan produk atau jasa baru yang ditawarkan, hingga sebagai media untuk memberikan informasi - informasi penting kepada masyarakat luas. Perusahaan yang sebelumnya menggunakan website, tak jarang juga menambahkan sebuah blog untuk memudahkan komunikasinya dengan pelanggan atau calon pelanggannya.

Karena digunakan sebagai salah satu media promosi perusahaan, tentu blog perusahaan ini tidak dimonetisasi dengan iklan - iklan lain dari pihak ketiga. Agar dapat berfungsi efektif untuk menarik minat pelanggan, tidak ada salahnya bila Anda juga menggunakan template blogger terekomendasi 2019 agar tampilan blog perusahaan semakin menarik.

Setelah menentukan jenis blog yang ingin Anda tekuni, selanjutnya agar kegiatan blogging Anda tak mengalami masalah, selain mencari tahu hal - hal penting mengenai dunia blogger, Anda juga perlu meningkatkan skill menulis Anda, salah satunya dengan sering membaca tips dan trik Microsoft Word yang tentu akan sangat membantu dalam penyusunan konten blog Anda.