Definisi Lengkap Traffic (Digital Marketing Concept)

www.atobasahona.com - Website traffic adalah jumlah pengunjung website atau properti online. Properti online yang dimaksud berupa akun media sosial seperti facebook, instagram, blog, forum, dan lain sebagainya. Apa yang membedakan biaya sewa sebuah properti atau bangunan? Kenapa biaya sewa di mal yang ramai selalu lebih mahal dibanding yang sepi? Alasan utamanya adalah karena mal yang ramai memiliki jumlah pengunjung yang lebih banyak dibandingkan mal yang sepi. Hal ini menunjukkan betapa berharganya jumlah pengunjung dalam sebuah bisnis.

Definisi Lengkap Traffic beserta strategi mendatangkan traffic

Sama halnya dengan di dunia digital, traffic merupakan bagian terpenting dalam digital marketing. Tanpa pengunjung, tidak akan ada pembeli. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak kemungkinan orang untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak salah kalau dikatakan "Traffic is the King" traffic adalah raja. Baca Juga: Mengenal Apa Itu Digital Marketing (pemasaran)

Apa Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Traffic?

Melalui pemasaran offline, saat anda membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan, akan sulit menghitung seberapa banyak orang yang mengunjungi toko perharinya. Dibutuhkan usaha dan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan perhitungan ini. Biasanya, mereka menggunakan perusahaan riset. Namun, hasilnya juga tidak pasti dan membutuhkan bujet yang cukup besar.


Berbeda dengan pemasaran offline, di dunia digital kita bisa mengukur jumlah pengunjung yang masuk ke website setiap hari secara lebih akurat. Misalnya, kemarin jumlah pengunjung website adalah 6.000 orang, 2.500 orang  di antara yang tertarik dengan produk B.

Yang lebih menarik lagi, alat yang bisa digunakan untuk melakukan hal ini tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Perangkat analisi (analytics tools) yang saat ini paling populer adalah Google Analytics dari perusahaan raksasa Google. Google memberikan alat ini secara cuma-cuma alias gratis untuk setiap pemilik website.

Melalui alat ini, kita bisa melihat bahwa semakin banyaknya pengunjung website, semakin besar pula bisnisnya. Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara mendatangkan pengunjung lebih banyak dari sebelumnya?

Ini adalah pertanyaan tebesar dalam digital marketing. Anda bisa mempelajari banyak strategi dan taktik untuk melakukan hal ini. Saat ini ada ratusan buku atau website yang membahas strategi detail tentang cara mendatangkan pengunjung ke bisnis. Dari ratusan cara yang ada, kami melihat ada dua bagian penting yang perlu anda mengerti. Setelah menguasai dua hal ini, anda dapat menjalankan semua strategi yang ada di dunia online dengan mudah.

Konten

Internet terbentuk karena koten. Apa pun yang anda akses secara online adalah konten yang biasanya berupa teks/artikel, gambar, audio, atau video. Konten yang anda buat akan di konsumsi oleh pengunjung bisnis anda secara online. Pembuatan konten secara kreatif dan menarik akan membuat lebih banyak orang yang tertarik pada produk anda.

Konten adalah knci utama pemasaran digital yang akan menentukan keberhasilan pemasaran bisnis anda, konten mendatangkan lebih banyak pengunjung. Hampir semua strategi digital menggunakan konten tertentu.

Advertising

Advertising atau iklan adalah bagian kedua yang anda ketahui. Bila anda tidak ingin membuat konten secara kompleks, anda perlu  beriklan. Artinya, anda bayar untuk mendatangkan traffic ke website. Cara ini dianggap paling cepat mendatangkan pengunjung.

Walaupun terdengar sederhana, kenyataannya banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membuat iklan menjadi lebih efektif dan efesien. Apabila anda membuat konten secara kreatif dan menggunakan advertising, hasil yang didapatkan akan berlipat ganda dibandingkan hanya menggunakan satu bagian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel