Cara Mengubah Microsoft Word Ke PDF Dengan Mudah

www.atobasahona.com - Microsoft word merupakan program pengolah kata terpopuler hingga saat ini. Program ini mempunyai dukungan dalam melakukan konversi file microsoft word ke PDF. Untuk penjelasan selengkapnya, di bawah ini anda bisa mengikuti tutorialnya.


Mengubah dokumen word ke PDF secara offline

Pada dasarnya dokumen dengan format word maupun PDF adalah dua jenis dokumen yang paling sering digunakan untuk laporan. Adakalanya anda akan membutuhkan dokumen yang berformat PDF, namun adakalanya juga anda perlu mengubah file menjadi PDF. Maka dari itu, cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengubah dokumen word ke PDF adalah secara offline. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengikuti Tips dan Trik Microsoft Word berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka file word yang akan di konversikan ke dalam bentuk PDF.
  • Selanjutnya klik pada FILE, klik Save As.
  • Di bagian Save as type, anda bisa memilih PDF. Kemudian klik Save.
  • File PDF telah jadi, dan kemudian anda sudah bisa menggunakannya. Sedangkan Microsoft word yang berada di atas 2010, maka terdapat sedikit perbedaan, dimana Microsoft word versi terbaru langsung terdapat Save as to yang di dalam opsi tersebut memiliki opsi melakukan saving file Microsoft word ke PDF.


Mengubah dokumen word ke PDF secara online melalui Google Drive

Setelah mengetahui Tips dan Trik Microsoft Word ke PDF secara offline, maka cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan Google Drive. Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud yang berasal dari Google. Tentunya anda bisa menggunakannya untuk menyimpan video, gambar, termasuk juga dokumen.

Tidak hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan, ternyata Google Drive juga bisa digunakan untuk mengedit, membuat dokumen, hingga mendownload dokumen. Layanan editor dan penyimpanan dokumen dari Google ini juga mempunyai fitur mengubah file word ke dalam bentuk PDF. Tentunya untuk anda yang sering mengalami masalah microsoft word tidak bisa dibuka, tidak ada salahnya untuk mengkonversikannya segera ke PDF. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dipaparkan langkah-langkahnya untuk anda.

  • Kemudian upload file word yang akan diubah ke PDF langsung ke Google Drive.
  • Buka file yang telah terupload, klik Open With, dan pilih Google Docs. 
  • Jika halaman dokumen sudah terbuka, maka klik File>Download As> PDF Document (.pdf).
  • Kemudian download dan simpanlah file .PDF pada folder yang diinginkan.

Untuk anda yang sedang offline, maka anda bisa menggunakan cara pertama, namun jika anda sedang terhubung internet, tentunya anda bisa melakukan konversi file dari microsoft word ke PDF menggunakan Google Drive .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel