Cara Mengatasi Komputer Yang Gagal Booting

Cara Mengatasi Komputer Yang Gagal Booting

www.atobasahona.com - Mempunyai gadget seperti smartphone, laptop maupun komputer tentu mempunyai permasalahan. Namanya juga barang elektronik, maka tentu ada saat masalah akan muncul satu per satu. Salah satu masalah yang sering dihadapi dan membuat pemilik komputer panik ialah saat komputer tidak mau menyala padahal power-nya nyala. Tentu itu akan mengganggu kinerja Anda. Berikut solusi atau tips yang bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut. Namun ada baiknya mengenali permasalah yang terjadi. Karena beda masalah beda pula tips dan trik komputer yang bisa digunakan.

Cara Mengatasi Komputer Yang Gagal Booting

Jika masalh yang Anda alami mengenai komputer tidak mau booting karena permasalah software yang tidak kompatibel. Maka penting untuk mengingat software atau aplikasi apa yang terakhir kali Anda instalasi hingga pada akhirnya membuat komputer Anda tidak mau masuk Windows. Karena ini bisa dibilang menjadi hal yang paling sering menyebabkan komputer gagal booting. Yang bisa Anda lakukan, ikuti cara berikut ini!


1. Melakukan Restart Ulang pada Komputer Anda

Yang pertama kali Anda lakukan ialah mengetahui apakah komputer tersebut bermasalah karena software kompatibel atau karena lainnya. Maka sebaiknya restart dahulu, dan jika bisa masuk Windows atau berhasil maka cara berikutnya tidak perlu dilakukan. Namun jika tidak maka silahkan mencoba point kedua dan ketiga.

2. Masuk Ke Komputer Menggunakan Safe Mode

Hal yang perlu Anda lakukan ialah masuk ke komputer dengan Safe Mode yang Anda bisa melakukan aksesnya menggunakan tombol F5 pada saat komputer pertama kali menyala atau baru direstart. Namun untuk beberapa jenis komputer lain mungkin berbeda dan tidak menggunakan F5. Saat sedang berada pada Safe Mode, segera lakukan pemeriksaan terhadap aplikasi yang dicurigai atau kemungkinan menjadi penyebab gagalnya komputer melakukan booting.

3. Menghapus Software yang Mencurigakan

Cara berikutnya yang bisa dilakukan dalam permasalahan software yang kompatibel ialah menghapus software menggunakan “Control Panel” lalu “Uninstall A Program”. Namun jika Anda merasa tidak yakin dengan ketepatan aplikasi atau software mana yang terakhir kali diinstal maka bisa melihat atau memeriksa semua software yang mungkin mencurigakan dan asing menurut Anda.

Nah, untuk melakukan hal ini memang Anda perlu mengetahui atau mengenal software apa saja yang telah terinstall dan mempunyai fungsi atau manfaat apa saja untuk komputer Anda. dan jangan pernah mencoba menginstall software atau aplikasi yang tidak penting sehingga melakukan proses uninstall menjadi jalan keluar yang lebih baik. salah satunya dengan menggunakan software IOBIT Uninstaller yang juga bisa melacak sisa dari file - file yang asing untuk komputer Anda.

Demikianlah tips atau cara mengatasi komputer tidak bisa masuk windows atau gagal dalam melakukan booting sehingga membuatnya tidak menyala.