Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala !

Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala !

www.atobasahona.com - Anda tentu pernah mengalami kondisi dimana komputer tidak mau menyala, walaupun tombol power sudah ditekan. Apabila Anda mengalami hal seperti ini, tidak perlu panik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa tipsnya :


Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala !


1. Cek colokan listrik

Untuk tips dan trik komputer pertama adalah cek atau periksa daya komputer. Pastikan komputer sudah terhubung dengan baik ke colokan listrik. Jika colokan sudah tersambung dengan baik, berikutnya cek lampu power di bagian tombol power. Pastikan lampu sudah menyala.


2. Cek bagian layar

Anda juga sebaiknya mengecek sambungan daya dari kabel monitor ke CPU. Apakah kurang kencang atau tidak. Akan lebih baik, jika Anda terlebih dahulu mencobanya ke komputer lainnya, untuk memastikan monitor dapat berfungsi dengan baik. Kondisi seperti ini, dapat Anda lakukan jika kipas dan CPU dapat berjalan, namun monitor tidak menampilkan informasi seperti biasanya.

3. Terdengar bunyi Bip

Apabila Anda mendengar bunyi Bip, ada kemungkinan VGA, baterai CMOS atau Memory RAM bermasalah. Untuk mengatasi permasalah seperti ini, ada baiknya jika Anda mencopot salah satunya, dan kembali pasang. Itu artinya Anda harus membongkar CPU itu tersebut.


4. Baterai CMODS

Apabila yang mempunyai masalah adalah bateri CMOS, maka Anda harus mencabut baterai CMOS yang ada pada motherboard, kemudian pasang kembali. Tapi jika hal ini Anda lakukan, maka memori pada BIOS di Motherboard akan terhapus. Namun demikian, ketika dinyalakan, perangkat akan secara otomatis mengatur BIOS ke bagian Setting, karena program ini sudah termasuk setting default bawaan. Yang perlu dicatat disini, jika terjadi konfigurasi BIOS, dapat menyebabkan PC tidak dapat melakukan startup.

5. Menguji power supply 

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan uji power supply. Penggunaan UPS biasanya sering menyebabkan masalah, dibandingkan perangkat keras lainnya. Hal ini juga yang membuat komputer tidak mau menyala. Dalam hal ini, Anda dapat mengetesnya dengan langsung menghubungkannya pada stop kontak.

6. Masuk ke BIOS

Jika Anda bisa, dan mempunyai kesempatan, ada baiknya jika melakukan instal ulang sistem operasinya, dan menggantinya dengan OS yang baru, misalnya saja Windows 7 atau Windows 8. Ini adalah salah satu cara yang biasanya dilakukan, jika komputer sama sekali tidak mau menyala.

7. Mengunjungi reparasi komputer

Jika berbagai macam tips yang disebutkan diatas tidak dapat Anda lakukan, atau bahkan tidak mampu mengatasi masalah yang ada. Maka tidak ada jalan lain, Anda sebaiknya mengunjungi penyedia jasa reparasi komputer, untuk mencari tahu, apakah ada komponen yang rusak, dan sebaiknya diganti. Untuk itu, siapkan sejumlah budget untuk melakukan service tersebut.