Beberapa Tips Mengatasi Komputer Tidak Mau Menyala Dan Restart Tanpa Perintah

www.atobasahona.com - Ketrampilan mengatasi masalah komputer bisa menjadi ketrampilan penting bagi pengguna perangkat tersebut. Terutama saat dihadapkan pada masalah atau kerusakan.

 Komputer Tidak Mau Menyala

Mengatasi Masalah Komputer Restart Tanpa Perintah

Informasi mengatasi masalah pada komputer ini dapat menjadi konten dari cara ngeblog mengenai teknologi komputer praktis. Ada beberapa masalah yang umum terjadi pada pengguna komputer karena gangguan perangkat keras maupun sistem operasi. Salah satunya adalah komputer mengalami restart tanpa diperintah. Kasus komputer restart sendiri ini umumnya berkaitan dengan masalah pada perangkat kerasnya.

Penyebab umum dari komputer yang tiba – tiba mengalami restart adalah overheat atau suhu yang terlalu panas. Berikut ini cara mendeteksi suhu komputer khususnya prosesor komputer :

  • Lakukan pemeriksaan informasi suhu melalui Hardware Monitor pada BIOS.
  • Selain melalui BIOS; pengguna komputer juga bisa menggunakan aplikasi untuk memonitor suhu seperti CPUID Hardware Monitor.
  • Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah melakukan inspeksi suhu secara manual dengan cara memegang cooler atau pendingin prosesor.

Jika komputer terbukti mengalami overheat; maka pengguna bisa melakukan langkah – langkah berikut ini :

  • Membersihkan casing komputer dan bagian pendingin prosesor menggunakan kuas cat bersih.
  • Mengganti thermal paste yang kering pada pendingin dengan yang baru.
  • Menempatkan komputer di ruang yang memiliki sirkulasi udara baik.
  • Menambah sistem pendingin atau kipas CPU jika diperlukan.

Mengatasi Komputer Gagal Dinyalakan

Masalah komputer gagal dinyalakan juga terbilang umum terjadi. Komputer tidak mau menyala sama sekali umumnya terjadi karena masalah pada power supply, distribusi listrik atau perangkat keras yang rusak. Umumnya akan dibutuhkan inspeksi elemen distribusi kelistrikan dan perangkat keras untuk menemukan letak masalahnya. Melepas komponen dan kabel untuk kemudian dibersihkan dan dipasang lagi umumnya bisa mengatasi masalah komputer tidak menyala karena masalah listrik yang terputus karena sambungan kotor.

Sedangkan kasus komputer yang gagal dinyalakan karena tidak bisa masuk ke sistem operasi Windows  bisa terjadi karena banyak penyebab. Penyebab yang paling umum adalah file sistem operasi yang rusak atau korup. Kasus ini bisa diatasi dengan cara melakukan instalasi ulang.

Penyebab lain yang bisa terjadi adalah infeksi virus komputer. Pada kasus infeksi virus; sistem operasi umumnya bisa berjalan pada Safe Mode tetapi berhenti ketika di mode normal. Jika komputer bisa menyala di Safe Mode; lakukan pemindaian virus menggunakan antivirus terbaru. Jika komputer tidak bisa menyala; salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah melepas hard drive dan melakukan pemindaian pada komputer lain.

Komputer tidak bisa masuk Windows juga bisa disebabkan karena kesalahan instalasi driver atau perangkat lunak baru. Jika pengguna baru melakukan instalasi dua elemen tersebut; ada baiknya untuk menjalankan komputer melalui Safe Mode. Dan jika berhasil melakukan prosedur uninstall untuk kemudian melakukan instalasi ulang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel