Bagaimana Cara Membeli Komputer Gaming Murah

Bagaimana Cara Membeli Komputer Gaming Murah

wwwatobasahona.com - Ingin memiliki komputer gaming, namun mempunyai budget terbatas ! Tidak masalah, Anda hanya perlu mencari dan membeli komputer gaming murah. Saat ini tidak sulit mencari komputer gaming murah, baik itu komputer second atau komputer rakitan. Namun sebelum Anda membeli komputer jenis tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

Bagaimana Cara Membeli Komputer Gaming Murah


1. Memilih jenis Motherboard tepat

Motherboard ini, adalah induk dari komputer, komponen yang satu ini, akan menghubungkan berbagai macam komponen seperti processor, memori dan yang lainnya, agar dapat bekerja dengan baik. Karena fungsinya cukup penting maka Anda juga harus pandai dalam memilih jenis Motherboard yang tepat.

2. Perhatikan jenis processor 

Untuk tips dan trik komputer pertama ketika membeli komputer gaming murah adalah memperhatikan jenis processor yang akan digunakan. Akan lebih baik, jika Anda memilih processor, keluaran terbaru, atau setidaknya 1 atau 2 tingkat di bawah processor keluaran terbaru. Hal ini dilakukan agar performa processor yang digunakan kelak, baik dan nyaman ketika digunakan untuk bermain game.


3. Perhatikan memori RAM

Hal lainnya yang juga sebaiknya Anda perhatikan adalah memori dan RAM yang digunakan. RAM sendiri adalah perangkat yang bertanggung jawab, pada performa yang akan dihasilkan. Karena kali ini, Anda akan membeli komputer gaming, sebaiknya pilih kapasitas dan jenis RAM yang digunakan dengan baik. Idealnya Anda menggunakan RAM dengan kapasitas minimal 4GB ke atas, sedangkan untuk memorinya, sebaiknya menggunakan DDR3 atau DDR4.

4. Memperhatikan jenis media penyimpanan 

Memperhatikan jenis media penyimpanan, adalah hal lain yang juga harus Anda perhatikan, ketika membeli komputer gaming. Kali ini Anda membutuhkan harddisk dengan kecepatan yang tinggi, dan mempunyai kapasitas yang pastinya memadai. Menggunakan harddisk dengan 1 TB dengan 7200 RMP, pastinya cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan gaming Anda.

Apabila Anda mempunyai budget lebih, sebaiknya Anda menyematkan SSD, untuk menyimpan sistem operasi, agar hasilnya performa yang lebih cepat. 

5. Jenis VGA Card

Ada lagi komponen yang pastinya cukup mempengaruhi performa komputer gaming Anda, yaitu VGA Card. Komponen yang satu ini, bertanggung jawab untuk memberikan tampilan yang baik, sehingga memaksimalkan performa gaming, serta menyuguhkan tampilan grafis apik.

Anda tentunya membutuhkan VGA Card yang sesuai, dengan aktifitas gaming Anda. Tips membeli dan memilih VGA Card tepat adalah memperhatikan core speed, memori VGA, dan juga memory clock speed VGA. 

6. Memperhatikan jenis power supply

Tahukan Anda, bahwa power supply juga mempengaruhi performa komputer gaming Anda ! Power supply ini, bertugas untuk mensuplai daya ke berbagai komponen yang ada di dalam sistem hardware berjalan dengan lancar. Anda juga sebaiknya memilih power supply yang tepat, dengan kapasitas yang sesuai dengan pemakaian daya seluruh komponen yang ada. Akan lebih baik, jika Anda memilih power supply dengan watt yang cukup tinggi, guna menghindari terjadinya kekurangan daya.