8 Cara Membuat Blogger Untuk Pemula

8 Cara Membuat Blogger Untuk Pemula

www.atobasahona.com - Blogger untuk pemula, ulasan kali ini, pas untuk Anda para pemula blogger, yang ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana cara membuat blogger yang baik. Seperti diketahui bersama cara membuat blog sendiri tidak sulit, dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik dalam hal ini, simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Blogger  Pemula


Baca Juga: Tips Menentukan Tema Khusus Untuk Pembuatan Blog Baru

1. Melengkapi navigasi blog
Cara blog pertama adalah melengkapi navigasi blog itu sendiri. Ini adalah elemen penting yang harus Anda lakukan, dimana di dalam navigasi tersebut, terdapat berbagai macam menu yang wajib ada dalam sebuah blog. Seperti halaman profil blog, kontak, syarat dan ketentuan pengguna, kebijakan privasi, dan berbagai kategori yang nantinya akan berisikan berbagai kumpulan artikel dengan aneka topik tertentu.

2. Menulis artikel pertama 
Untuk tulisan pertama, sebaiknya Anda mulai dengan melakukan perkenalan diri terlebih dahulu. Kemudian bercerita tentang apa dan mengapa blog tersebut dibuat. Walaupun hal ini terkesan sepele, namun artikel yang satu ini, akan sangat berharga.

3. Memperbaiki penampilan blog
Banyak sekali para blogger yang sibuk dengan stigma bahwa blog harus tampil cantik, dengan berbagai fitur tertentu. Namun justru ini yang menjadi masalah, tidak semua pengunjung merasa nyaman karenanya. Berbagai perangkat tersebut, terkadang membuat blog berjalan dengan lambat. Apalagi saat ini, banyak pengguna yang beralih menggunakan mobile phone, untuk membuka blog yang dicari, dibandingkan menggunakan desktop, karena dinilai lebih praktis. Dengan kondisi seperti ini, yang membuat blog, jadi semakin sulit untuk dibuka.

4. Logo dan Favicon 
Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah membuat logo atau header blog. Untuk bentuknya, pastinya bebas. Anda dapat mendesain logo, sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca juga: 7 Tips menjadi Blogger Kuliner

5. Membuat email khusus
Berikutnya adalah buat email khusus, pastinya terpisah dari akun pribadi Anda. Alasannya cukup banyak. salah satunya, Anda dapat membuat berbagai akun sosial media secara terpisah, dari akun sosial media yang Anda miliki, untuk kemudian membuat kontak iklan dll.

6. Membuat formulir newsletter
Newsletter atau sering kali disebut dengan mailing list adalah salah satu aset yang cukup berharga, terutama di masa datang. Selain sebagai sumber traffic loyal, fasilitas yang satu ini, dapat digunakan sebagai tempat yang pas untuk menawarkan produk dan jasa di kemudian hari.

Untuk membuat hal ini, Anda dapat menggunakan layanan Aweber, Getresponse, atau juga Mailchimp.

7. Membuat fan page dan akun social media
Kali ini, Anda juga akan membuat akun fanpage, dan juga aneka akun sosial media. Hal ini dilakukan untuk menjaring pengunjung yang jauh lebih luas. Popularitas sosial media atau fanpage ini, pastinya akan membantu akun blog Anda semakin terkenal.

8. Submit blog ke Google Search Console atau juga Webmaster Tool
Perangkat yang satu ini adalah perangkat yang akan membantu Anda menjadi blogger yang lebih serius. Aplikasi ini, akan menjadi bodyguard dan sekretaris Anda dalam memberikan berbagai macam informasi yang lebih lengkap tentang fungsi situs, dan hal lainya.