7 Tips menjadi Blogger Kuliner

www.atobasahona.com - Menulis adalah salah satu cara untuk melampiaskan emosi serta sebagai penyalur hobby di tengah kesibukan pekerjaan. Ide tulisan dapat berupa apapun dan dengan menulis anda dapat memberikan ide dan pengalaman. Salah satu sarana untuk membagikan tulisan di era digital saat ini adalah dengan membuat blog. Di dalam blog, anda bisa memiliki ruang ekspresi yang mencerminkan diri maupun pandangan anda tentang suatu hal. Salah satu yang menjadi daya tarik orang adalah tulisan tentang kuliner. Kuliner adalah salah satu tema yang umum dan banyak diminati oleh orang. Jika anda tertarik membagi pengalaman kuliner kepada banyak orang, tidak ada salahnya anda mencoba untuk memulai menulis.

Baca Juga:
Tips Membangun Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang Bagi Pemula

8 Cara Membuat Blogger Untuk Pemula


Sumber : pixabay.com


1. Menentukan Tema Blog Kuliner
Genre kuliner memiliki banyak cabang yang bisa anda eksplorasi. Berbagai jenis makanan mulai dari menu restoran Indonesia, masakan Asia, Eropa, Jajanan kekinian, hingga kuliner jaman sekolah memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Dari sekian banyak jenis kuliner yang ada, fokuskan pada genre yang anda senangi. Dengan memulai dari hal yang anda senangi, tentu anda akan memberikan penilaian dan pendapat yang lebih komplit terkait suatu makanan.

Selain itu,dengan memfokuskan pada tema tertentu blog yang anda buat akan lebih tertata dan menarik banyak orang yang memiliki minat yang sama. Hal ini juga akan mempengaruhi fokus pencarian dalam mesin pencarian seperti google. Ini adalah cara blog anda dapat dengan mudah dicari karena konten yang spesifik.

2. Buat Konsep dan Daftar Kuliner
Setelah menentukan tema besar dari blog anda, langkah selanjutnya anda bisa mulai menyusun daftar calon restoran atau lokasi kuliner yang sesuai dengan tema anda. Mulailah dari resto atau kedai kaki lima di sekitar kota anda. Meskipun menjual makanan yang hampir serupa, tentu pengalaman di setiap tempat akan berbeda.

Pembuatan konsep dan daftar kuliner ini akan membantu anda menyusun isi blog anda. Disamping itu, daftar ini juga membantu anda merencanakan agenda kunjungan dan penulisan isi blog anda. Nama yang mudah diingat banyak orang juga membantu cara blog anda mendapatkan banyak kunjungan dari pembaca.

3. Membuat Domain Blog
Jika sudah memiliki perencanaan tema dan konsep, anda tentu harus membuat alamat blog sebagai media publikasi tulisan anda. Pilihlah nama yang sesuai dengan tema dan konsep kuliner yang akan anda bahas. Anda bisa menggunakan alamat gratis yang bisa didapat pada situs blogspot misalnya, atau anda bisa membeli alamat domain tahunan jika anda menginginkan nama yang terlihat profesional.

Jangan lupa membuat layout yang menarik dan unik sesuai ciri khas anda. Hal ini akan membuat halaman web anda lebih mudah diingat orang. Penataan layout juga harus dibuat simple dan menarik agar orang tidak jenuh melihat terlalu banyak tulisan pada halaman blog ada.


Sumber : Picjumbo.com
4. Buat Agenda Posting tulisan
Setelah halaman domain blog anda siap, anda tinggal mengisi tulisan untuk blog anda. Ingatlah pada konsep dan tema yang telah anda buat. Daftar lokasi kuliner bisa jadi sangat membantu anda untuk menentukan urutan artikel yang akan anda tulis. Dalam membuat blog, konsistensi untuk menulis dan membagikan tulisan adalah hal yang mutlak. Buatlah jangka waktu tertentu agar anda tidak terburu-buru dalam menulis. Usahakan agenda ini berada di waktu luang anda, sehingga tidak mengganggu kesibukan lainnya terutama pekerjaan anda.

Anda juga bisa membuat selingan pada jarak beberapa tulisan agar blog anda lebih segar dan membosankan. Pilihlah tema atau artikel yang masih berhubungan dengan konsep yang anda buat agar pembaca juga mendapat selingan informasi, yang berbeda namun terkait.

Pengulangan jenis dan tema tulisan yang sejenis bisa membuat pembaca anda jenuh dengan pola yang sama. Ada baiknya ada juga menyiapkan sapaan yang akrab bagi pembaca anda. Ini akan memunculkan relasi personal antara anda dengan pembaca.

5. Foto, Backlink, dan tombol share
Untuk membuat tulisan anda semakin menarik, anda wajib menambahkan foto dari makanan dan tempat makan yang anda ulas. Fotolah makanan dengan cahaya yang cukup terang dan cerah agar seluruh bagian makanan terlihat. Ambil beberapa foto dan sudut pandang, lalu pilih yang paling menarik. Jika tulisan anda cukup panjang, tambahkan 2-3 foto dari berbagai makanan yang anda pesan. Jangan lewatkan pula untuk memotret suasana di tempat makan tersebut.

SErtakan pula backlink menuju sosial media anda. Dengan menautkan backlink pada sosial media, anda bisa berinteraksi lebih banyak dengan pembaca. Backlink juga bisa membantu pembaca anda untuk men-share tulisan anda kepada teman-teman mereka. Keberadaan backlink juga bisa menjadi cara blog anda dapat ditemukan oleh beragam pengguna media sosial.

Tambahkan pula tombol share agar memudahkan pembaca anda membagikan tulisan anda. Hal ini juga akan meningkatkan peringkat blog anda pada mesin pencarian. Semakin sering tulisan anda dibagikan, popularitas blog anda akan semakin meningkat. Hal ini juga bisa menjadi indikasi bahwa tulisan anda berguna bagi banyak orang.

6. SEO adalah hal yang wajib
SEO atau Search Engine Optimization adalah cara sistematis agar tulisan anda semakin mudah ditemukan. Pada dasarnya cara ini memungkinkan blog atau artikel anda berada di bagian atas mesin pencarian. Hal paling umum yang dilakukan dalam SEO adalah memasukan kata-kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet ke dalam tulisan anda dengan prosentase kepadatan pengulangan kata kunci dalam jumlah tertentu.

SEO ini merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan mesin pencarian menemukan blog anda. Prinsipnya adalah menyusun artikel anda dengan kata kunci tertentu pada jumlah dan persebaran tertentu dalam sebuah artikel. Utamakan konten yang berbobot untuk artikel anda. Saat ini mesin pencarian menerapkan kebijakan yang akan membuat tulisan-tulisan sampah yang tidak berbobot menjadi sulit ditemukan.

SEO adalah cara blog anda mudah dikenali dan ditemukan. Kata kunci dari SEO bisa jadi adalah nama makanan atau jenis masakan yang anda tulis. Anda bisa memanfaatkan berbagai situs yang menyediakan layanan data lalu lintas kata pada mesin pencarian. Cara ini membantu anda menemukan kata kunci untuk artikel anda. Baca Juga: Teknik SEO Alami Berasal Dari Keunikan Konten Blog

7. Menilai dengan jujur
Agar tulisan anda semakin menarik, anda tentu harus menuliskan sesuai dengan apa yang lidah anda rasakan. Deskripsi yang dihasilkan dari apa yang anda benar-benar rasakan tentu akan menghasilkan tulisan yang lebih alami dan tertata dengan baik, dibanding bila anda melebih-lebihkan tulisan anda karena berbagai hal.

Pada kondisi tertentu seperti jika anda mengerjakan tulisan endorse, jangan ragu untuk tetap jujur. Kejujuran anda akan menjamin kredibilitas anda. Namun bila anda segan, tetaplah jujur dengan memperhalus kritikan anda tentang kekurangan dari rasa masakan maupun suasana tempatnya.

Banyak pilihan dan cara blog anda mudah ditemukan di mesin pencarian selain langkah di atas. Anda juga bisa membuat judul yang menarik, memanfaatkan jasa SEO, hingga membuat banyak konten di berbagai platform. Semakin banyak sosial media dan platform yang memuat tulisan anda, maka semakin mudah pula blog kuliner anda ditemukan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel