Pengertian asuransi kerugian menurut para ahli

Pengertian asuransi kerugian menurut para ahli

Pengertian Asuransi Kerugian Menurut Para Ahli Dan Manfaatnya
Pengertian asuransi kerugian menurut para ahli tentunya akan sangat dibutuhkan untuk anda yang ingin sekali mempelajari tentang asuransi kerugian. Maka dari itu, anda bisa mengetahuinya dengan menyimak uraian di bawah ini. 


Mengetahui pengertian asuransi kerugian menurut para ahli
Menurut Salim (2001) memaparkan bahwa asuransi kerugian merupakan suatu hal untuk menetapkan kerugian kecil yang sudah pasti merupakan kerugian (substitusi) yaitu kerugian-kerugian besar yang belum pasti. Menurut Soeisno Djojosoedarso dalam bukunya “Prinsip-prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi” memaparkan bahwa pengertian asuransi kerugian merupakan persetujuan dengan satu pihak, yaitu pihak penanggung yang mengikatkan diri kepada orang lain (tertanggung) guna mengganti kerugian yang bisa saja diderita oleh pihak tertanggung. Hal ini dilakukan karena terjadinya suatu peristiwa yang sebelumnya sudah ditunjuk dan belum tentu kebetulan, dan pihak tertanggung berjanji akan membayar premi.  

Dari pengertian yang telah dipaparkan di atas, maka bisa disimpulkan jika asuransi adalah usaha pengalihan kerugian yang diakibatkan oleh risiko yang mungkin saja dialami terhadap objek yang sudah ditentukan dari pihak yang berkepentingan yang merupakan tertanggung kepada perusahaan asuransi (penanggung). Ketika pada objek tersebut benar-benar terjadi kerugian yang sudah ditentukan sebelumnya, maka  pihak penanggung akan segera membayar sejumlah uang kepada tertanggung sebagai ganti kerugian. 

Manfaat asuransi kerugian untuk kehidupan 
Pada dasarnya asuransi, salah satunya asuransi kerugian memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sosial ekonomi di masyarakat. Adapun manfaat asuransi kerugian adalah sebagai berikut.

  • Memberikan rasa amanSalah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan asuransi kerugian adalah akan memberikan rasa aman. Polis asuransi yang dimiliki tertanggung dapat memberikan rasa aman dari kerugian atau risiko yang kemungkinan saja muncul. Ketika kerugian atau risiko tersebut benar-benar dialami, maka pihak tertanggung berhak atas nilai kerugian sesuai dengan nilai polis.
  • Membantu meningkatkan kegiatan usahaTahukah anda bahwa investasi yang dilakukan para investor akan dibebani oleh risiko kerugian yang dapat diakibatkan oleh berbagai macam hal, mulai dari kecelakaan, kebakaran, pencurian, dan sebagainya.
  • Alat penyebaran risikoJika seharusnya resiko akan ditanggung oleh tertanggung, maka hal ini juga akan dibebankan kepada penanggung dengan mendapatkan imbalan sejumlah premi tertentu, didasarkan atas nilai tertanggung. 
  • Berguna sebagai sumber pendapatan dan tabungan Premi yang telah dibayarkan setiap periode mempunyai substansi yang sama dengan tabungan. Selain itu, pihak penanggung juga akan memperhitungkan bunga atas premi yang telah dibayarkan serta bonus yang sudah sesuai dengan perjanjian antara kedua belah pihak.
  • Manfaat yang lebih adil Tentunya prinsip keadilan sangat diperhitungkan secara matang guna menentukan nilai pertanggungan serta premi yang harus ditanggung oleh pihak pemegang polis secara periodik. Caranya adalah memperhatikan dengan cermat berbagai faktor yang dapat berpengaruh besar terhadap asuransi tersebut. Agar mendapatkan nilai pertanggungan, maka pihak penanggung telah membuat kalkulasi yang tidak akan merugikan kedua belah pihak. Ketika nilai pertanggungan semakin besar, maka akan semakin besar juga premi periodik yang akan dibayar oleh pihak tertanggung. 

Selain beberapa manfaat yang telah dipaparkan di atas, ternyata ada satu lagi manfaat dari asuransi kerugian yang perlu anda ketahui. Manfaatnya adalah polis asuransi bisa dijadikan sebagai jaminan agar dapat memperoleh kredit. 
Semoga bermanfaat. Demikianlah berbagai pembahasan mengenai berbagai manfaat serta pengertian asuransi kerugian menurut para ahli.

Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar